Tohoku University Lakukan Kunjungan Inisiasi Kerjasama ke FILKOM

Dikirim oleh dinaoktavia pada 27 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 608

Kunjungan Tohoku University untuk inisiasi kerjasama
Kunjungan Tohoku University untuk inisiasi kerjasama
Prof. Noriyoshi Tsuchiya selaku Dekan Graduate School of Environmental Studies, Tohoku University, Jepang melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (21/12/2018). Kunjungan tersebut selain dilakukan untuk meninjau mahasiswa S3 Tohoku University Jepang yang sedang melakukan magang di FILKOM, juga sebagai upaya inisasi kerjasama antar fakultas.

Selama ini antara Universitas Brawijaya dan Tohoku University telah terdapat Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan yang telah ditandatangani dan disepakati bersama. Karenanya setiap fakultas di UB tinggal melakukan kesepakatan lebih jauh untuk kerjasama yang lebih konkrit dan detil.

Dalam kunjungannya tersebut Prof. Tsuchiya disambut baik oleh Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D, Heru Nurwarsito, Ir., M.Kom selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kepala Grup Riset Geoinformatika FILKOM Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan mengenai berbagai bidang yang memungkinkan untuk dilakukan kerjasama.

Prof. Tsuchiya menawarkan pada tahap awal kerjasama dimulai di bidang penelitian ilmiah. Dimana akan dilakukan kolaborasi penelitian antara dosen di FILKOM dengan profesor di Tohoku University. Prosesnya dilakukan selama tahun 2019 dimana akan dilakukan listing berbagai penelitian dosen FILKOM yang sekiranya beririsan dengan penelitian para profesor di Tohoku University. Kemudian list penelitian dosen FILKOM tersebut diajukan ke Tohoku University untuk dicari bidang mana yang sesuai untuk dilakukan penelitian bersama. Sementara itu, tahap kedua kerjasama yang diajukan berupa exchange student dan beasiswa yang rencananya mulai dilakukan tahun 2020, usai kerjasama penelitian.

Kemudian setelah itu kerjasama tahap ketiga rencananya dilakukan dalam bidang pengadaan kantor cabang Tohoku University di FILKOM UB. Tujuan pengadaan kantor cabang tersebut untuk memudahkan berbagai sistem kerjasama antara FILKOM UB dengan Tohoku University baik dalam bidang kolaborasi riset maupun pengurusan beasiswa dan program seleksi masuk ke Tohoku University.

"Prof. Tsuchiya adalah dekan di Program Graduate bidang Environmental Studies. Meski topik utamanya environmental tapi pendekatannya integrated terutama dengan computer science. Dia ingin setiap pendekatan environmental bisa disupport dengan computer science. Antara lain seperti mechanical engineering, kimia dan fisika semua butuh computer science agar bisa menyelesaikan isu lingkungan seperti energi, global warming dan sebagainya," jelas Fatwa.

Adapun salah satu riset yang kini dilakukan Prof. Tsuchiya yang beririsan dengan computer science adalah penelitian letak area geothermal yang paling optimal. Dalam penelitian tersebut dibutuhkan artificial intelligent untuk mengelola data geospasial seperti data panel, topografi, geokimia dan geofisika yang diolah untuk menentukan dimana area geothermal yang paling optimal. Kunjungan tersebut kemudian diakhiri dengan mengajak Prof. Tsuchiya berkeliling ke berbagai grup riset yang ada di FILKOM.

"Dia berharap bisa melakukan penelitian khususnya untuk wilayah Indonesia Timur, karena selama ini untuk wilayah Indonesia Barat sudah banyak diteliti," jelas Fatwa. [dna/Humas UB]

 

 

 

Artikel terkait