Prasetya Online

>

Berita UB

Tim Robot Unibraw Siap Tarung

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 31 Mei 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 2388

tim robot UB
tim robot UB
Robot Mahameru I, karya mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya siap bertarung di ajang Kontes Robot Indonesia. Kontes itu akan berlangsung di Balairung Universitas Indonesia pada 3-4 Juni 2006.
Tim mahasiswa ini telah mempersiapkan diri selama setengah tahun. Menurut penuturan ketua tim Muhammad Akbar Basuki kepada Prasetya Online, dalam kontes itu robot Mahameru I harus bisa membawa builder blok untuk ditaruh di tower setinggi 2,5 meter dan 1 meter, disesuaikan dengan tema pada ABU Robocon se-Asia Pasific di Malaysia beberapa waktu mendatang.
Lebih lanjut diungkapkan, Universitas Brawijaya sendiri sudah tiga kali mengikuti KRI yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dikti sejak 1999 ini. Pada tahun 2002 tim Unibraw mendapatkan gelar the best mobile, pada 2004 mampu masuk seperempat final, dan pada 2005 masuk ke semi final.
Mahameru I sendiri dibuat oleh tim yang terdiri dari 20 orang dengan menghabiskan dana hingga 15 juta rupiah. Dana itu mereka peroleh dari Dikti, fakultas, universitas serta pihak sponsor. Bertindak selaku dosen pembimbing yaitu Ir. Nanang Sulistiyanto MSc. Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan dewan juri, setiap tim boleh mengirimkan robot sebanyak-banyaknya, namun robot tersebut tidak boleh memiliki beban lebih dari lima puluh kilogram. “Target tim robot Unibraw adalah masuk final dan bisa meraih gelar juara. Kalaupun tidak, kami berharap ada peluang untuk menjadi juara favorit karena Mahameru I memiliki rancangan yang menarik dengan menggunakan sistem wireless”, tandas Basuki. [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID