Prasetya Online

>

Berita UB

Tim Pusat Kajian Ternak Pedaging Fapet Lanjutkan Kerjasama dengan Bank Indonesia Surabaya

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dietodita pada 29 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 366

Tim Pusat Kajian ternak Pedaging lanjutkan kerjasama dengan BI
Tim Pusat Kajian ternak Pedaging lanjutkan kerjasama dengan BI
Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang tergabung dalam tim pusat kajian ternak pedaging melakukan pertemuan dengan staf bagian ketahanan moneter Bank Indonesia, Selasa (23/01/2018). Mereka adalah Prof. Trinil Susilawati, Dr. Kuswati dan Aulia Puspita Anugra Yekti, M.Sc.

Pertemuan yang dilaksanakan di kantor Bank Indonesia Surabaya ini dalam rangka presentasi laporan hasil kegiatan kerjasama tahun 2017. Pasalnya sejak tahun 2009 silam, Bank Indonesia Surabaya menggandeng tim pusat kajian ternak pedaging Fapet UB untuk pembentukan dan penguatan klaster sapi potong di Tuban.

Kegiatan yang telah mereka lakukan pada tahun 2017 di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban ialah membuat demo plot pembibitan sapi potong dengan melakukan Inseminasi Buatan (IB) menggunakan semen sexing.

Harapannya di Kecamatan Palang akan banyak menghasilkan bibit sapi bakalan untuk penggemukan sapi potong. Mengingat Kabupaten Tuban termasuk kabupaten dengan populasi sapi potong terbanyak.

Usai presentasi, kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang kerjasama kegiatan. Rencana kegiatan ke depan yakni membranding hasil kegiatan klaster sapi potong yang telah dilakukan, melanjutkan melakukan implementasi IB menggunakan semen sexing pada sapi hasil seleksi, dan sosialisasi perbaikan pakan sapi dengan biaya murah oleh swadaya masyarakat.

Prof. Trinil mengatakan melalui kegiatan tersebut bisa dipahami pentingnya pembuatan klaster sapi potong disebuah kawasan kecamatan atau kabupaten. [Nien/dta/Humas UB]

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID