Prasetya Online

>

Berita UB

Tim Pimnas Unibraw Berangkat ke Padang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 11 Juli 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2838


Universitas Brawijaya mengirim 14 tim ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional (Pimnas) ke-18 yang digelar di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, 11-15 Juli 2005. Tim yang diberangkatkan itu, 9 tim dari program kreativitas mahasiswa bidang penulisan ilmiah (PKMI), 1 tim dari program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKMM), dan 3 tim untuk LKTM (Lomba Karya Tulis Mahasiswa) yang terdiri dari 1 karya tulis bidang IPA, dan 2 karya tulis bidang seni, 1 judul karya ilmiah program TPSDP (technical and professional skills development sector project), dan poster untuk kategori poster ilmiah non PKM dan poster umum.
Kontingen Pimnas Universitas terdiri dari dua kelompok terbang (kloter). Kloter pertama beranggotakan 40 orang dilepas oleh Pembantu Rektor III Drs. Tjahjanulin Domai MS hari Minggu (10/7) di gedung Rektorat Universitas Brawijaya. Sedangkan kloter kedua juga beranggotakan 40 orang dilepas oleh Kepala BAAK Drs. Achmad Said pada Senin (11/7) di tempat yang sama.
Selengkapnya tim Universitas Brawijaya yang dikirimkan sebagai peserta Pimnas XVIII, terdiri dari 9 tim bidang PKMI: Ainul Khusnah (Fakultas Perikanan) dengan judul karya ilmiah “Usaha Pengelolaan Bandeng untuk Meningkatkan Industri Pengelolaan Pangan dalam Skala Rumah”, Mery Dwi dan Didit Eko Prasetyo (Fakultas Perikanan) dengan judul “Prosedur Kelayakan Pemberian Kredit Modal Kerja untuk Sektor Perikanan oleh Bank Rakyat Indonesia”, I Putu Gd Iwan MH, Kurniawan dan M. Malik (Fakultas Ekonomi) dengan judul “Perencanaan Pembangunan Desa dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Paradigma Participatory Rural Apraisal”, Edy Susanto, Fandi Arisrahman, Endrika Widyastuti dan Ratih Ristanti (Fakultas Peternakan) dengan judul “Upaya Identifikasi Daging Babi pada Bakso melalui Karakterisasi Fraksi Protein dengan Menggunakan SDS-Page”, Daryanto, Sugiono dan Nani Fatmawati (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan judul karya ilmiah “Peranan Kredit Usaha Tani dalam Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani”, Yudith Widowai, Rena Setyaningsih dan Sari Wijayanti (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan karya tulis berjudul “Introduksi Produk Baru Olahan Ubi Jalar melalui KKN-P Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu”, Raharno Arif, Vida Andriani dan Shiska Hendri (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan judul karya “Perancangan Sistem Penyimpanan Hipobarik pada Buah Tomat Segar”, Miskan dan Feri Anggraeni (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan karya tulis “Perancangkan Alat Pembangkit Gelombang Ultrasonik untuk Aplikasi Pengawetan Susu”, dan Afif Amrullah, Agustin, Nur Wakhid dan Juwita Ratna D (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan karya tulis berjudul “Teknologi Pengelolaan Susu Kental Manis Kedelai sebagai Peningkatan Daya Guna Mesin Penguap Vakum Sistem Water Jet”; satu tim dari bidang PKMM, Erna Retnawati, Hendrix Yulius, Cahyo Ari Wibowo, dan M. Zainul Arif dari Fakultas Teknologi Pertanian, dengan judul karya tulis “Pemanfaatan Limbah Susu Afkir sebagai Kerupuk di Daerah Ngantang Malang", 1 tim LKTM bidang IPA, Mitra Handini, Monalisa dan M. Fahrul dari Fakultas Kedokteran, dengan karya tulis berjudul “Pemanfaatan Acemannan dalam Lidah Buaya untuk Meningkatkan Respon Imun Pengidap HIV”, 2 tim LKTM bidang seni,  Syaiful Afif (Program Bahasa dan Sastra), Tumar, (Fakultas Perikanan) dan Didi Setiawan (Fakultas Pertanian) dengan judul karya tulis “Nilai Budaya dalam Tembang dan Permainan Anak Karya Sunan Giri”, dan Siti Fatimah dari Fakultas Teknik dengan judul karya tulis “Penerapan Seni Tata Ruang Tradisional sebagai Identitas Budaya Bangsa, Studi Kasus Desa Ubud Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar”; dan sebuah karya ilmiah program TPSDP oleh Agung Wiyono (FMIPA) dengan judul karya tulis “Pemanfaatan Pita Frekuensi SCA FM sebagai Jalur Pengiriman Teks dan Data Digital pada Radio FM Berkode Alamat”.
Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (Pimnas) adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Tujuan Pimnas adalah untuk pemberdayaan aktivitas dan penalaran mahasiswa dalam mengembangkan ipteks melalui komunikasi ilmiah. Bidang yang dilombakan meliputi Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) bidang IPA, IPS, Pendidikan dan Seni; Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang  Penelitian, Penerapan Teknologi, Pengabdian Masyarakat, Kewirausahaan, Penulisan Ilmiah dan TPSDP; pameran ilmiah, lomba poster, lomba karikatur, dan lain-lain.
Dalam Pimnas ke-18 ini kontingen Unibraw dengan mengirim 10 tim bidang PKM menempati posisi ke-6 dari jumlah tim peserta. Posisi teratas ditempati IPB Bogor dengan 8 tim PKMP, 1 PKMT, 3 PKMM, 6 PKMK/KAM, 20 PKMI (total 38). UGM Yogyakarta pada posisi kedua dengan 6 tim PKMP, 3 PKMT, 3 PKMM, 3 PKMK/KAM, 8 PKMI (total 23). [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID