Prasetya Online

>

Berita UB

Tim B-PLASCOW Sumbang Medali dari WINTEX 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 23 Maret 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 452

Tim B-PLASCOW
Tim B-PLASCOW
Tim B-PLASCOW (Biodegradable Plastic from Cow Rumen) dari Teknik Industri Universitas Brawijaya (TI-UB) kembali menyumbang medali untuk almamater.

Kali ini, tim berhasil memperoleh penghargaan berupa bronze medal pada kompetisi internasional World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2018 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) , 12-13 Maret lalu.

WINTEX sendiri diselenggarakan oleh kerjasama Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK-ITB) dan Indonesian Invention and Innovation Promotion Associaton (INNOPA).

Tak kurang 96 tim dari 10 negara seperti China, Korea, Jepang, Romania, Croasia, Amerika, dan Indonesia berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Bidang-bidang yang dikompetisikan antara lain Machinery/Metal, Electricity/Electronic, Information/Communication, Textile/Chemistry, Agro-Fishery Products, Engineering Construction, Biotcehnology & Health, Educational Items, Social Science & Humanistic, Office Products, Sports and Games, Personal Care Products, Necessaries of Life, dan Design.

“Meskipun hasilnya belum maksimal tetapi kami bersyukur karena mendapatkan pengalaman berharga berupa kritik dan masukan dari dewan juri,” tukas perwakilan tim, Diezka Ahmad Al Hafidh.

Selain Diezka, tim B-Plascow digawangi oleh Kevin Aditya Pratama, Syaila Salsabila Faradis, dan Naila El’Arisie.
Diezka mengatakan, tim terkendala dengan fasilitas penunjang untuk pengembangan penelitian bahan plastik ramah lingkungan (bioplastik) yang terbuat dari rumen sapi ini.

Bila teratasi, diharapkan bahan ini bisa diaplikasikan secara langsung ke produk-produk plastik seperti pot bunga atau polybag.

“Ekspektasi dan masukan dari juri adalah bioplastik ini sudah dalam bentuk pengaplikasian ke produk-produk plastik,” bebernya.

Selain masukan dari dewan juri untuk pengembangan produk ke depan, pengalaman berharga lain yang didapatkan tim dari kompetisi ini adalah menjadi peserta seminar bertemakan Smart City, studi banding ke LPIK-ITB, dan jalan-jalan ke tempat wisata di Bandung. (and)

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID