Prasetya Online

>

Berita UB

Teknik Elektro Menyumbang Piala dalam LCEN 2012

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 28 Mei 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5657

Tim Elektro Menjadi Juara 1 di LCEN 2012
Tim Elektro Menjadi Juara 1 di LCEN 2012
Satu dari tiga tim perwakilan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (FT UB) menjadi juara 1 dalam Lomba Cipta Elektroteknik Nasional XVI pada 18-20 Mei 2012 di BG Junction, Surabaya yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya dan diikuti oleh perguruan tinggi yang memiliki jurusan elektro se-Indonesia.

Juara 1 kategori Biomedik diraih oleh Edwin Gutama dan Anissa Triandini mahasiswa jurusan Elektro FT UB angkatan 2008 dengan karyanya “Knee Height Wireless”. Alat ini digunakan untuk menentukan estimasi kalori ideal per hari bagi penderita penyakit jantung dengan mengukur tinggi lutut yang dikonversikan menjadi tinggi badan dan berat badan dan menentukan umur dan jenis kelamin.  “Penemuan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan kalori bagi individu penderita sakit jantung yang berbeda dengan orang lain, sehingga dibutuhkan perkiraan kalori yang bersahabat bagi penderita penyakit jantung”, ujar Edwin Gutama, salah satu peserta.

Dengan adanya penemuan ini, diharapkan dapat membantu para ahli gizi dan rumah sakit untuk dapat menentukan kalori ideal bagi individu dengan atau tanpa penyakit jantung, sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Selain “Knee Height Wireless”, perwakilan dari FT UB juga membawa hasil karya berupa “Listrik untuk Anti Bakteri”. Alat ini bekerja dengan menggunakan arus listrik bertegangan pulsa dan pada frekuensi tertentu untuk mengurangi dan menurunkan bakteri, dengan fokus pada penderita diabetes.  Alat ini tengah diuji di sebuah laboratorium di Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya.

Tidak hanya itu, perwakilan dari FT UB pada kategori Manajemen Sumber Energi menemukan “Pengendali Tegangan dan Frekuensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro” sebagai alat untuk mengendalikan tegangan dan frekuensi sepanjang hari pada pembangkit tenaga mikrohidro.

“Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan penemuan maupun hasil karya ilmiah mahasiswa dapat didanai dan dapat diaplikasikan sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia”, ujar Theo Aji Caraka yang berpartisipasi dalam kategori Manajemen Sumber Energi.

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID