Prasetya Online

>

Berita UB

Technologic, Gaya Mahasiswa Vokasi Mengedukasi Masyarakat Bijak Berteknologi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 06 Juni 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 167

Dicka Pratama dari Komunitas Kamera Analog Menunjukkan Koleksinya
Dicka Pratama dari Komunitas Kamera Analog Menunjukkan Koleksinya
Mahasiswa jurusan desain komunikasi visual punya cara mendidik masyarakat Malang untuk bersikap bijak terhadap teknologi  yaitu melalui sebuah pameran seni bertajuk technological. Kegiatan yang diadakan di Taman Krida Budaya, Sabtu-Minggu (2/5-3/5/2018) tersebut juga diikuti oleh beberapa komunitas seperti kamera analog dan doodle art.

M Prastha Pradipta Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan bahwa pameran tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar menggunakan teknologi  tidak berlebihan.

"Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu senggang antara lain dengan berkumpul bersama teman dan tidak bermain gadget namun memainkan permainan tradisional,"kata Prastha mahasiswa jurusan Disain Komunikasi Visual .

Selain diikuti beberapa komunitas, kegiatan tersebut juga diisi dengan stan lomba fotografi. Tema lomba fotografi yang diangkat terkait bagaimana mendeskripsikan tema yang diangkat.

"Salah satu contoh dari hasil fotografi yang dipamerkan adalah tentang sebuah foto dua remaja sedang berdua namun mereka sibuk dengan gawai masing-masing. Dari karya fotografi tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan gadget lebih utama dibandingan bersosialisasi dengan teman-temannya,"kata Prastha.

Sementara itu, Dicky Pratama dari komunitas Malang Analog memamerkan berbagai macam kamera analog dan koleksi foto yang menggunakan rol film dan klise.

"Saya berharap dengan stan ini kita bisa tahu bagaimana sejarah tentang proses pemotretan menggunakan film. Saat ini kita banyak menggunakan kamere digital dengan proses foto yang langsung jadi. Sedangkan jika memakai kamera analog hasilnya gambling dan lebih jujur karena tanpa proses editing,"katanya.

Pameran "Madfest" bertema technological tersebut merupakan tugas akhir mahasiswa semester delapan jurusan desain komunikasi visual.

Acara yang juga dimeriahkan dengan penampilan DJ dan band tersebut sekaligus sebagai ajang memperkenalkan jurusan Disain Komunikasi Visual UB kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang memperkenalkan jurusan kepada masyarakat bahwa desain komunikasi visual itu membuat desain sesuai dengan latar belakang sebuah masalah dan ada solusi dari masalah tersebut,"kata Prastha. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID