Prasetya Online

>

Berita UB

Tasyakuran UB Terakreditasi A

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 19 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 499

Tasyakuran perolehan akreditasi A
Tasyakuran perolehan akreditasi A
Terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi), tim akreditasi dari LP3M (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu) menggelar tasyakuran. Kegiatan pada Senin (17/12/2018) ini turut dihadiri Rektor, Senat dan segenap pimpinan di Universitas Brawijaya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor memanjatkan rasa syukur atas akreditasi A yang telah diperoleh. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim penyusun borang dan pimpinan fakultas yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Ketua LP3M UB Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., PhD menyampaikan sepanjang sejarah baru kali ini UB langsung mendapatkan akreditasi A. "Sebelumnya B dulu baru re-akreditasi menjadi A," kata dosen Teknik Sipil ini.

Dengan capaian ini, Rektor berharap dapat dilanjutkan lebih jauh ke AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) tingkat internasional. Menurutnya baru dua perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki AIPT internasional yakni Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Selain itu, ia juga menginginkan peningkatan akreditasi program studi. Saat ini baru 19 atau sekitar 9% dari 171 program studi yang dimiliki UB terakreditasi A. Jumlah ini jauh dibanding Institut Teknologi Bandung yang telah lebih dari 50%.

Selain tasyakuran APT, capaian lain yang juga disyukuri Rektor adalah keluarnya statuta UB yang baru. Statuta ini telah ditunggu sejak 2002, dan baru dikeluarkan sekarang. "Statuta ini penting untuk mewadahi perkembangan kelembagaan UB. Fakultas dan Program Studi baru di UB kini telah masuk dalam statuta," kata dia.

Hasil rekomendasi APT oleh tim asesor BAN-PT yang menurut Nuhfil penting ditindaklanjuti adalah peningkatan jumlah doktor dan professor.

Selain itu, perlu ditindaklanjuti pula posisi UB dalam pemeringkatan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berada di ranking 12. Yang menggembirakan, disampaikan Guru Besar Fakultas Pertanian ini adalah pada pemeringkatan 4ICU, dimana UB ada di posisi keenam.

Capaian yang baru saja diraih UB adalah peringkat II Nasional Tahun 2018 dalam bidang prestasi kemahasiswaan di era Revolusi Industri 4.0 Kemenristekdikti di bawah Institut Teknologi Bandung dan prestasi kemahasiswaan di era revolusi industri 4.0 non-Kemenristekdikti/Mandiri di bawah Universitas Gadjah Mada. [Denok/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID