Prasetya Online

>

Berita UB

Student Exchange UPM Batch II Kunjungi ATP Jatikerto

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 16 November 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 263

Peserta Pertukaran Pelajar UPM di Agro Techno Park Jatikerto
Peserta Pertukaran Pelajar UPM di Agro Techno Park Jatikerto
Terhitung sejak Senin (14/11/2017), rombongan Universiti Putra Malaysia (UPM) gelombang II berjumlah enam orang mahasiswa beserta pendamping tiba di Universitas Brawijaya. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan pertukaran pelajar setelah sebelumnya gelombang I telah selesai melakukan kegiatan tersebut..

Salah satu agenda pada pertukaran pelajar ini adalah kunjungan ke Agro Techno Park Jatikerto pada Rabu (16/11/2017). Kunjungan ini dikoordinir oleh perwakilan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FPUB), Putri Budi Setyowati, SP., M.Sc., selaku dosen program studi Agribisnis, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Pada kunjungan ini, para peserta mendapatkan penjelasan materi singkat dari Prof. Ir. Sumeru Ashari, M.Agr.Sc., Ph.D. selaku pengelola ATP Jatikerto dan Cangar sekaligus dosen FPUB. Dalam materinya, Prof. Sumeru menjelaskan tentang ATP Kebun Jatikerto. "Bedanya dari ATP Cangar, di Jatikerto ada peternakannya. Mulai dari sapi, hingga ayam. Selain itu tentu saja ada berbagai jenis tanaman di ATP Jatikerto ini," tukas Prof. Sumeru.

ATP Jatikerto sendiri berada pada ketinggian 400 mdpl dengan udara hangat yang menekankan teknologi pengembangan untuk komoditas pertanian dataran rendah dan komoditas tropis. ATP Jatikerto memang tidak hanya khusus untuk mahasiswa FP saja, namun mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan juga dapat melakukan praktikum ataupun penelitian disana.

Ada banyak jenis tanaman yang ditanam di ATP Jatikerto seperti sawi, kacang, petai, pisang, dan lain-lain. Sedangkan ternaknya ada ayam pedaging, ikan lele, mujaer, patin, rusa dan merpati.

Setelah mengikuti, para mahasiswa UPM beserta pendamping diajak berkeliling kebun Jatikerto. Mereka diajarkan bagaimana penyelenggaraan dan proses menanam tanaman disana oleh Prof Sumeru. Selain tanaman, Prof Sumeru pun menjelaskan tentang ternak di ATP Jatikerto.

Para mahasiswa dan pendamping dari UPM merasa puas dan senang dengan diberikannya wawasan dari aktivitas lapang ini. "Bagus, UB punya kebun seperti ini. Lengkap, ada peternakannya juga," ujar Moh. Fairuzan Asraf, selaku staf ahli Universiti Putra Malaysia. Hasil dari aktivitas lapang di ATP Jatikerto ini akan dipresentasikan pada Jumat (17/11) dalam kegiatan "Sharing about Research Activities". [afwega/vicky]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID