Prasetya Online

>

Berita UB

Sosialisasi dan Interview Beasiswa Master dan PhD Program NCTU Taiwan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 30 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 152

Sesi Wawancara
Sesi Wawancara
Prof Lin
Prof Lin
Professor dari Department of Computer Science, National Chiao Tung University, Taiwan (NCTU Taiwan) Prof. Fuchun Joseph Lin berkunjung ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Selasa (27/11/2018). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan sosialisasi serta interview beasiswa studi lanjut program Master dan PhD di NCTU Taiwan. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FILKOM Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, dosen dan mahasiswa S1 serta S2 FILKOM.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ir. Heru yang menyampaikan terima kasih atas kesediaan perwakilan NCTU Taiwan untuk hadir ke FILKOM. Harapannya dari kegiatan ini akan terbentuk kerjasama yang berkesinambungan antar FILKOM UB dan NCTU Taiwan baik dalam hal joint research maupun scholarship atau internship program.

Dalam pemaparannya Prof. Lin memperkenalkan tentang NCTU Taiwan pada peserta yang hadir. Beberapa hal yang disampaikan Prof. Lin meliputi informasi tentang lokasi kampus NCTU, fakultas yang ada, pendaftaran mahasiswa baru dan penjelasan lebih detil mengenai Computer Science College dan EECS International Graduate Program. 

Disampaikan oleh Prof. Lin bahwa NCTU memiliki tiga kampus. Kampus utama terdapat di daerah Hsinchu dan dua kampus lainnya terletak di Taipei dan Tainan. 

Di Hsinchu terdapat wilayah yang disebut Hsinchu Science Park atau banyak dikenal sebagai Silicon Valley of Taiwan karena merupakan daerah industri dengan lebih dari 400 perusahaan beroperasi di sana. Adapun 65% dari CEO dan Top Level Manager yang ada di Hsinchu Science Park adalah alumni NCTU. Terdapat 11 colleges yang  ditawarkan di NCTU meliputi College of Electrical and Computer Engineering, College of Computer Science, College of Engineering, College of Science, College of Biological Science and Technology, College of Management, College of Humanity and Social Science, College of Hakka Studies, School of Law, College of Photonics dan International College of Semiconductor Technology. 

Pendaftaran mahasiswa baru di NCTU dibuka dua kali dalam satu tahun, yaitu Entry for Fall Semester yang dibuka setiap tahunnya tanggal 20 Oktober – 15 Desember untuk early action dan tanggal 10 Januari – 10 Maret untuk reguler action. Sementara untuk Entry for Spring Semester diselenggarakan tiap tanggal 10 Agustus – 30 September. Pendaftaran online dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://oia.nctu.edu.tw/.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Albert Budi Christian, salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studinya di NCTU Taiwan. Albert hadir untuk berbagi cerita tentang pengalamannya dan memberikan informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan selama studi di NCTU Taiwan, serta berbagai beasiswa yang bisa diperoleh untuk membantu pembiayaan studi. Dijelaskan Albert biaya perkuliahan di NCTU mencapai USD 1,700 – 1,950/semester untuk undergraduate students. Sementara untuk graduate students harus membayar mandatory fees yang nominalnya antara USD 870 – 900/semester dan credit fees senilai USD 80 – 110/credit.

Beberapa beasiswa yang bisa diupayakan meliputi NCTU Scholarship, Elite PhD Scholarship, Taiwan Scholarship dan NCTU Taiwan Elite Internship Program. NCTU Scholarship diberikan oleh NCTU meliputi bebas biaya perkuliahan, monthly allowance senilai USD 400 untuk bachelor degree, USD 533 untuk master degree dan USD 800 untuk doctoral degree. 

Elite PhD Scholarship diberikan oleh NCTU berdasarkan rekomendasi dari admission committee dengan manfaat beasiswa selama maksimal dua tahun meliputi pembebasan biaya perkuliahan dan asrama, serta monthly allowance mencapai USD 1,000. 

Taiwan Scholarship diberikan oleh pemerintah Taiwan yang pengajuannya Local Taiwan Embassy dengan manfaat yang diberikan monthly allowance mencapai USD 1,000. Sementara itu NCTU Taiwan Elite Internship Program adalah program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa S2 dan S3 universitas di luar Taiwan untuk melakukan penelitian selama 2 bulan di NCTU. Manfaat yang diterima dari program terakhir ini meliputi financial support yang terdiri atas free round trip flight ticket dan uang saku senilai USD 160.

“Bagi yang sudah diterima pengajuan beasiswanya tetap harus menyediakan uang minimal Rp. 20 Juta untuk biaya hidup selama maksimal 4 bulan. Karena biasanya beasiswa itu tidak akan langsung cair begitu kita sampai di Taiwan dan memulai studi. Ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi terlebih dahulu hingga beasiswa tersebut bisa cair yang biasanya memakan waktu maksimal hingga 4 bulan,” jelas Albert.

Acara kemudian ditutup dengan pelaksanaan interview calon penerima beasiswa oleh Prof. Lin. Pada kesempatan itu terdapat lima pelamar beasiswa untuk PhD program dan satu pelamar untuk Master program. Hasil interview akan disampaikan kemudian melalui email masing-masing pelamar. [dna/Humas UB]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID