Prasetya Online

>

Berita UB

Sosialisasi PKM Menuju PIMNAS 2014

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 01 October 2013 | Komentar : 0 | Dilihat : 8097

Mahasiswa antusias mengikuti sosialisasi PKM bidang eksak
Mahasiswa antusias mengikuti sosialisasi PKM bidang eksak
Pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa  (PKM) sudah mulai dibuka sampai 31 Oktober 2013. Mahasiswa sudah harus mempersiapkan beberapa persyaratan administrasi dan pengajuan dosen pembimbing.

“Dosen pembimbing yang diajukan harus memiliki NIDN dan mahasiswa tidak bisa menjadi ketua di dua PKM, sebagai ketua atau anggota.Tidak boleh dua-duanya ketua,” ungkap Dr.Ir.Imam Santoso, MP saat membuka acara Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa  (PKM) lima bidang kepada mahasiswa di gedung widyaloka, Selasa (30/9).

Imam menambahkan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) dan PKM Teknologi (PKMT) karena membutuhkan kerjasama dengan mitra perlu disiapkan sejak awal dokumen kerjasamanya. Karena hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dipenuhi.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Ketua Juri Nasional PIMNAS Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, M.Sc. yang memberikan Kiat-Kiat Menyusun Proposal PKM Untuk Menuju PIMNAS 2014. Bambang menyampaikan turunnya prestasi UB di PIMNAS 2013 lalu, salah satunya adalah nilai pada laporan akhir yang masih kurang.

“Padahal apabila nilainya bagus maka UB akan bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Bambang kemudian menjelaskan tahapan yang harus dilalui mahasiswa untuk menuju PIMNAS. Pada tahap pertama merupakan seleksi administrasi. Pada tahap ini mahasiswa harus memenuhi format penulisan dan administrasi program.

“Apabila diminta proposalnya sepuluh halaman maka harus sepuluh tidak boleh lebih.  Kelengkapan tanda tangan, stempel dan jenis huruf yang digunakan juga harus diperhatikan,” ungkapnya.

Penjelasan program juga jangan salah kamar apabila PKMM maka ditulis meode pelaksanaan bukan metode penelitian. Kesalahan seperti ini juga sangat mempengaruhi penilaian dewan juri.

“Masalah kreatifitas juga menjadi komponen penting penilaian.  Dewan juri akan melihat sampai sejauh mana kreatifitas mahasiswa. Sering- seringlah membaca sehingga bisa membandingkan dengan karya yang lain dan mengetahui dimana letak keunikan PKM kalian,” pungkasnya. [rian]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID