Prasetya Online

>

Berita UB

Sosialisasi Kerja Dekan dan Workshop Inisiasi Penelitian Dosen Fakultas Pertanian

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFP pada 08 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 268

Sosialisasi program kerja Dekan FP 2018
Sosialisasi program kerja Dekan FP 2018
Badan Pengembangan Penelitian dan Kerjasama (BPPK) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) pada Selasa (08/08/2017) mengadakaan acara "Sosialisasi Program Kerja Dekan 2018, Sistem Penelitian dan Pengabdian (SIPP) LPPM Universitas Brawijaya dan Kebijakan DIKTI dibidang Penelitian dan Workshop Inisiasi Penyusunan Payung Penelitian Pusat Studi dan Road Map Penelitian Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya". Kegiatan yang berlangsung di gedung baru lantai 5 ini dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan FP Dekan Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS didampingi WD I dan WD II.

Dalam pemaparan sosialisasi program kerja Dekan 2018 yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Prof. Dr. Ir Kuswanto, MS disebutkan bahwa secara umum pengembangan roadmap penelitian dosen dan pengembanagn payung riset telah menjadi bagian dari program kerja Dekan 2018. Selain itu, FP juga mencanangkan pusat kajian internasional dan 6 pusat kajian yang berskala nasional.

Inisiasi penyusunan payung penelitian, pusat studi dan roadmap penelitian dosen FP UB
Inisiasi penyusunan payung penelitian, pusat studi dan roadmap penelitian dosen FP UB
Secara rinci paparan sosialisasi program kerja Dekan yaitu: Dalam bidang akademik, program kerja diarahkan pada penguatan pengakuan internasional sehingga penguatan baik kurikulum, akreditasi dan sertifikasi menjadi perhatian utama. Selain itu, pengembangan kelas internasional terus diupayakan untuk meningkatkan kapasitas akademik FP UB dengan target sertifikasi AUN-QA tahun depan.

Untuk bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, penguatan penelitian diutamakan pada penguatan publikasi dan jurnal serta pengembangan pusat - pusat kajian. Selain itu juga dilakukan pengembangan peran FP dalam pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan hasil riset dan kolaborasi riset internasional. Aspek kelembagaan diarahkan pada pengembangan bisnis mahasiswa dan kemandirian anggaran.

Aspek terakhir yakni kemahasiswaan diarahkan pada peningkatan prestasi mahasiswa, kegiatan internasional, jati diri, kreatifitas, inovasi, kewirausahaan, alumni serta peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Asosiasi Profesi Internasional.

Selanjutnya pada acara workshop yang dimoderatori oleh ketua BPPK FP Ir. Didik Suprayogo, M.Sc. Ph.D dengan pemateri pertama Widodo, S.Si, M.Si, Ph.D dari  Pusat Studi dan Kelompok Jabatan Bidang Fungsional (KJF) LPPM UB menjelaskan tentang "Sosialisasi  dan cara pengunaan serta manfaat Sistem Penelitian dan Pengabdian (SIPP) LPPM Universitas Brawijaya". Selain itu, dosen Biologi FMIPA ini juga menerangkan beberapa kebijakan DIKTI dalam bidang penelitian. Sebagai Pemateri kedua, Dr.Ing. Setyawan P. Sakti, M memaparkan tentang proses kontruksi roadmap yang berbasis Rencana Induk Penelitian (RIP). Pemateri terakhir adalah Prof. Dr. Ir. Chandrawati Cahyani, MS yang menjelaskan "Penyusunan payung penelitian Research Group menuju tingkat kesiapan teknologi". Dosen kimia FMIPA ini membagi pengalamannya pada Pusat Riset dan Enterpreneurial Agroindustri Atsiri (PUREAA) untuk mencapai Pusat Unggulan Iptek (PUI) DIKTI. [zma/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID