Prasetya Online

>

Berita UB

Sosialisasi Akreditasi Perguruan Tinggi di UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 22 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 475

Sosialisasi akreditasi perguruan tinggi bagi pimpinan UB
Sosialisasi akreditasi perguruan tinggi bagi pimpinan UB
Universitas Brawijaya (UB) sedang bersiap memperbarui Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang dimilikinya. Akreditasi A yang telah dimiliki sejak tahun 2014 akan berakhir pada 2019 nanti. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki lebih dari 151 program studi, maka sebanyak 7 (tujuh) asesor BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) akan melakukan visitasi.

Sosialisasi terkait hal ini telah dilakukan kepada seluruh sivitas akademika meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni pada Rabu (17/10/2018). Sementara sosialisasi kepada pimpinan fakultas dan rektorat dilakukan pada Senin (22/10/2018).

Kepada PRASETYA Online, Ketua LP3M (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu) UB Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., PhD menyampaikan sosialisasi dimaksudkan agar warga UB memahami bahwa akan ada visitasi. "Untuk itu kami memohon dukungan dan menggalang kebersamaan," kata dosen Fakultas Teknik ini. Sonny menambahkan, borang akreditasi dan borang evaluasi diri sudah terkirim.

Sosialisasi dan simulasi dimaksudkan untuk mematangkan bukti yang harus disampaikan serta penyiapan materi presentasi baik oleh pimpinan maupun sivitas akademika.

Di ruang pertemuan gedung rektorat UB, sosialisasi dihadiri oleh Rektor, pimpinan rektorat, pimpinan fakultas serta asesor internal UB.

Dalam kesempatan tersebut ditandaskan perlunya koherensi antara visi, misi, rencana strategis (renstra), rencana operasional (renop) serta indikatornya. Jika akreditasi program studi lebih menekankan pada hal-hal yang bersifat teknis, maka akreditasi perguruan tinggi akan melingkupi hal-hal yang lebih bersifat kebijakan, inovasi dan strategi yang dilaksanakan sebuah perguruan tinggi. Karena itu perlu pembedahan diantaranya beberapa indikator yang bersifat tangible, intangible termasuk kapabilitas sebuah organisasi.

Akreditasi perguruan tinggi ini akan meliputi 7 (tujuh) standar penilaian yakni standar1: visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian, standar 2: tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, standar 3: mahasiswa dan lulusan, standar 4: sumber daya manusia, standar 5: kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, standar 6: pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi, standar 7: penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, kerjasama. [Denok/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID