Prasetya Online

>

Berita UB

Sinergi Dosen dan Mahasiswa dalam Program Doktor Mengabdi Borong Juara di Makassar

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 26 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 188

5324_20181128145756
5324_20181128145756
Menjelang akhir Tahun 2018, PWK kembali mendapat kabar bahagia dari ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Universitas Hasanuddin, Makassar. Acara ini masuk dalam rangkaian acara Urban Care dengan tema “United We Stand For Resilience City” yang diadakan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) pada (15/10 – 22/10/2018).

Seleksi LKTI dimulai dengan pengumpulan LKTI pada (3/10/2018). Dari seleksi awal tersebut terpilih lima besar kelompok yang diundang untuk mempresentasikan karyanya langsung di Universitas Hasanaddin. Dari lima kelompok tersebut dua diantaranya berasal dari mahasiswa Jurusan PWK Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Kelompok lain yang lolos berasal dari Universitas Hasanuddinn (UnHas), UIN Alauddin, dan Universitas Diponegoro.

Berdasar pada acuan penilaian yakni 40% laporan, 60% dari hasil maket dan presentasi, kedua tim dari PWK memborong juara 1 dan 2 sedangkan juara 3 dipegang oleh tim dari UnHas. Tim yang menjuarai LKTI tersebut adalah Indah Cahyaning, Shofiyah Fakhran, Catur Widianto sedangakan tim yang berhasil menduduki posisi runner up adalah Khusnul K, Azka Zulfa Savanah dan Bima Razen. Mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2014, 2015 dan 2017 ini berhasil menjuarai LKTI berkat bimbingan dari Dr. Eng. Fadly Usman, ST., MT. dan Aris Subagiyo, ST., MT.

"Perencanaan Lansekap Kawasan Permukiman Nelayan Desa Puger Kulon dan Desa Puger Wetan Berbasis Resilient Settlement dengan konsep Urban Green Structure adalah judul LKTI kami angkat, di dalamnya kami membahas tentang reduksi tsunami di Desa Puger Kulon dan Wetan supaya gelombang tsunami tidak besar,” terang Catur salah satu anggota tim yang berhasil menjuarai LKTI itu.

Mahasiswa angkatan 2015 ini menambahkan bahwa tema yang mereka angkat memang sedang hangat dibicarakan sehingga menambah nilai tambah dalam penilaian.

Keberhasilan dari karya tulis mahasiswa ini tidak lepas dari kerja sama antara mahasiswa dan dosen PWK dalam melaksanakan Program Doktor Mengabdi Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh tim Dr. Septiana Hariyani, ST. MT., Drs. Adi Susilo. M.Si., Ph.D dan Eddi Basuki Kurniawan, ST., MT. dengan judul “Merancang Strategi Mitigasi terhadap Bencana Tsunami di Kawasan Pesisir Pantai Puger, Jember”. (AA/Humas UB)

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID