Prasetya Online

>

Berita UB

Simulasi Pengukuran Kualitas Air di Faperik 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 07 Maret 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 10181

simulasi pengukuran kualitas air
simulasi pengukuran kualitas air
Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, Selasa (7/3), menyelenggarakan simulasi pengukuran kualitas air, di Laboratorium Ilmu-IImu Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 orang peserta siswa-siswi SMA se-Kota Malang, serta beberapa mahasiswa Fakultas Perikanan.
Dalam simulasi itu, peserta diberi kesempatan untuk mengukur beberapa parameter kualitas air, seperti pH, suhu, total bahan organik, serta oksigen terlarut, menggunakan sampel air dari DAS Brantas. “Kegiatan ini melibatkan pelajar dan mahasiswa guna mengetahui kualitas air yang ada di sekitar mereka”, ungkap ketua pelaksana, Yudi (mahasiswa MSP angkatan 2004).
Secara teknis, simulasi tersebut dilaksanakan secara kimiawi. Disampaikan oleh Rendi (mahasiswa MSP angkatan 2003), untuk pengukuran pH menggunakan kertas lakmus merah, pengukuran suhu menggunakan termometer, dan pengukuran DO mengunakan NaOH, KI, dll. Ada 4 kualifikasi air, yaitu A, B, C dan D. Kualifikasi A untuk kualitas air mineral, B untuk air sungai, serta C, dan D untuk air yang telah terkontaminasi limbah. Indikasi utama yang digunakan dalam simulasi tersebut adalah zoobentos, semacam organisme yang menetap di substrat yang memiliki toleransi sempit terhadap keempat variabel itu. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID