Prasetya Online

>

Berita UB

Short Course Geofisika 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 11 Maret 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 2074

kursus singkat bertajuk Exploration Concept and Geology in East Java
kursus singkat bertajuk Exploration Concept and Geology in East Java
Laboratorium Geofisika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya menyelenggarakan kursus singkat bertajuk "Exploration Concept and Geology in East Java", Sabtu 11 Maret 2006. Kursus ini ditujukan bagi mereka yang berniat terjun ke profesi sebagai geologists, geophysicist, engineers, technician, ataupun mereka yang tertarik dengan eksplorasi minyak dan gas bumi.
Beberapa praktisi dalam bidang tersebut diundang sebagai pembicara, yaitu Ir. Bambang P. Istadi (Exploration New Ventures Manager), Alit Ascarian PhD (Carbonat Speciallist Lapindo Brantas Inc) serta Dharmawan Samsu MSc (Oversight Commiteee AAPG Indonesia dan Reservoirs and Wells Manager British Petroleum Indonesia).
Disebutkan bahwa struktur geologi Jawa Timur didominasi oleh alluvium dan bentukan hasil gunung api kwarter muda. Keduanya meliputi 44,5% dari luas wilayah darat. Sedangkan batuan yang juga agak luas persebarannya adalah miosen, sekitar 12,23%, dan hasil gunung api kwarter tua sekitar 9,78% dari luas total wilayah daratan. Sementara itu, batuan lain hanya mempunyai proporsi antara 0-7% saja. Lebih lanjut disampaikan bahwa batuan sedimen alluvium tersebar di sepanjang sungai Brantas dan Bengawan Solo yang merupakan daerah subur. Sedangkan batuan hasil gunung api kwarter muda tersebar di bagian tengah wilayah jawa timur membujur ke arah timur yang merupakan daerah relatif subur. Batuan miosen tersebar di sebelah selatan dan utara Jawa Timur membujur ke arah timur yang merupakan daerah kurang subur. Bagi Kepulauan Madura, batuan ini sangat dominan dan utamanya merupakan batuan gamping.
Atas dasar struktur, sifat dan persebaran jenis tanah, diidentifikasi karakteristik wilayah Jawa Timur diidentifikasi menurut  kesuburan tanah adalah sebagai berikut yaitu untuk Jawa Timur bagian tengah yang merupakan daerah subur, tersebar mulai dari daerah kabupaten Banyuwangi, yang dilalui oleh sungai-sungai Madiun, Brantas, Konto, Sampean. Sedangkan Wilayah Jawa Timur Bagian Utara, merupakan daerah relatif tandus dan merupakan daerah yang persebarannya mengikuti alur pegunungan kapur mulai dari daerah Bojonegoro, Tuban ke arah timur sampai dengan Pulau Madura. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID