Prasetya Online

>

Berita UB

Shalat Idul Adha 1431 H di UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas1 pada 16 November 2010 | Komentar : 1 | Dilihat : 5115

Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1431 Hijriah pada 17 Nopember 2010. Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Rektorat UB itu menghadirkan Imam Drs H Sam'un Makmur dari Pusat Pembinaan Agama (PPA) UB dan Khatib Prof Dr Agus Suman SE DEA. Khutbah Idul Adha kali ini mengajak umat muslim untuk Meneladani Ketaatan dan Pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Ketaatan Manusia dalam Idul Adha

Disampaikan Agus, manusia harus pandai bersyukur atas nikmat energi matahari yang menerangi bumi, oksigen yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, kenikmatan mata memandang pemandangan alam yang indah, kenikmatan mendengarkan bunyi-bunyian melalui telinga, serta nikmat lainnya yang tidak terhitung jumlahnya. Dengan mensyukuri nikmat Allah, berarti memanfaatkan nikmat tersebut untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan ketaatan kita kepada Allah SWT dan RasulNya, harus dijunjung tinggi lebih dari ketaatan dan kepentingan lainnya.

Ketaatan manusia kepada Allah SWT, tergambar dalam peristiwa Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah SWT menyembelih putra tunggalnya Ismail AS. Sementara ketaatan Ismail AS kepada Allah SWT, tercermin dari sikap iklasnya disembelih ayah kandungnya. Sebagaimana terdapat dalam Surat Ash-Shaffat ayat 102.  

Sampai akhir jaman, peristiwa ketaatan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan tak lupa Ibu Siti Hajar kepada Allah SWT, harus ditauladani umat manusia. Allah SWT mengabadikan berbagai peristiwa ketaatan seorang manusia, dalam bentuk ibadah Haji, yang merupakan rukun Islam kelima.

Penyembelihan Hewan Kurban
Seperti tahun sebelumnya, PPA pada Idul Adha kali ini juga melakukan penyembelihan hewan kurban yang berasal dari para dosen/karyawan di lingkungan UB. Hewan kurban yang berupa tujuh ekor sapi dan 17 ekor kambing itu kemudian didistribusikan kepada panti asuhan, pondok pesantren, TPA, kelurahan sekitar kampus, mushala dan masjid. Sebanyak 1500 kupon telah didistribusikan oleh PPA bagi kalangan yang membutuhkan.[nun]

 

Artikel terkait

Komentar

Dikirim oleh agil waskito nugroho pada 17 November 2010.

Maaf permisi Bapak/Ibu yang ada di tempat.. saya agil dari Sma Semen Gresik, ingin mengetahui informasi tentang PMDK UB jurusan informatika (perangkat lunak) tahun 2011..kalau boleh tau, kapan dan apa persyaratannya.. sekian terima kasih.. saya tunggu balasannya di email saya ultras_agill@yahoo.co.id

Kirim komentar Anda

Gunakan ID