Prasetya Online

>

Berita UB

Senat UB Terima Kunjungan dari UNS

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 19 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 242

Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Menjelaskan Tahapan Pilrek Kepada Tim UNS
Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Menjelaskan Tahapan Pilrek Kepada Tim UNS
Senat Universitas Brawijaya menerima kunjungan dari tim senat Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Kamis (15/11/2018). Kunjungan diterima oleh Pimpinan Senat dan Ketua Komisi di ruang senat UB.

Sekretaris Senat UNS Sahid Teguh Widodo mengatakan tunjuan kunjungan timnya ke UB adalah untuk berbagai pengetahuan tentang proses Pemilihan Rektor atau Pilrek.

"Beberapa waktu ke depan kami akan mengadakan Pilrek UNS. Kami ingin belajar dari bapak-bapak senat UB yang sudah terlebih dahulu terlibat dalam kegiatan Pilrek. Kami mohon bimbingannya apa saja kendala-kendala yang dihadapi dan bagaimana mengatasinya,"kata Sahid.

Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilrek UB beberapa waktu lalu sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI  Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi dan Peraturan Senat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor UB Periode 2018-2022.

"Dalam pemilihan kemarin, kami menunjuk Sekretaris Senat sebagai Ketua Pelaksana Pilrek sedangkan Ketua Senat sebagai penanggungjawabnya. Dalam proses pemilihan tersebut kami sengaja tidak melibatkan unsur pimpinan agar panitia betul-betul idependen agar tidak terjadi intervensi dalam seluruh tahapan pilrek. Dan Allhamdullillah hingga pelantikan sampai saat ini tidak ada permasalahan,"kata Arifin.

Arifin juga menjelaskan dalam tahap tersebut. Dikti mengijinkan keterlibatan mahasiswa dalam tahap penyampaian visi misi dan program kerja.

"Selain mahasiswa, dalam penyampaian visi dan misi juga melibatkan tenaga kependidikan untuk hadir. Allhamdullillah tidak ada gejolak sampai saat ini. Yang terpenting dan perlu digaris bawahi dalam pilrek adalah keterbukaan dan saling mendengarkan satu sma lain,"katanya.

Arifin mengatakan keberhasilan panitia dalam melaksanakan kegiatan pilrek jika tidak ada komplain dan tidak ada gugatan hukum.

Kepada tim Senat UNS, Arifin juga menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilrek UB yang tediri dari empat tahap yaitu pendaftaraan, penjaringan, penyaringan, dan pemilihan. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID