Prasetya Online

>

Berita UB

Senat UB Berikan Rekomendasi ke Rektor

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 09 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 242

Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Bersama Rektor UB Prof Nuhfil
Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Bersama Rektor UB Prof Nuhfil
Pemimpin Senat Universitas Brawijaya memberikan empat rekomendasi kepada rektor dalam rangka pengembangan pergurun tinggi ke depan.

Sekretaris Senat UB Prof. Dr. Iwan Triyuwono menyebutkan empat rekomendasi yang diberikan kepada rektor meliputi empat aspek yaitu, Sumber Daya Manusia (SDM), Mentalitas SDM, Budaya Organisasi, serta Tata Kelola dan Akuntabilitas.

"Senat menganggap sangat penting dan krusial aspek SDM karena maju mundurnya UB tergantung sebera kuat SDM dosen, tenaga kependidikan, dan pimpinan itu sendiri. Rekomendasi yang diberikan senat sejak perekrutan dosen dan tenaga kependidikan harus ketat dan bebas KKN. Kalau sudah diterima tidak dibiarkan begitu saja harus ada sistem pengembangan pembinaan hingga mereka pensiun sehingga kualitas tetap terjaga dan meningkat,"kata Iwan.

Aspek kedua yang lebih substantif adalah mentalitas. Mentalitas yang terdiri dari rasa iman, ikhlas, cinta, taqwa, jujur, dan bersih harus ada dalam setiap diri SDM UB.

"Peran rektor adalah bagaimana membina dan membentuk dosen dan karyawan mempunyai mentalitas. Jika mentalitas dikombinasikan dengan intelektual akan jadi kualitas ideal dalam menjalankan UB sehingga terbentuk budaya organisasi dengan kekhasan tersebut,"katanya.

Menurut Iwan, budaya organisasi semacam darah dalam tubuh. Jika budaya organisasinya baik maka semua kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi, seperti pengabdian masyarakat, akuntabilitas, dan penelitian juga menjadi baik.

"Sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran UB bisa tercapai,"katanya.

Empat rekomendasi tersebut diajukan oleh senat setelah melakukan dengar pendapat dengan beberapa unit di UB dan menemukan sesuatu yang harus diperbaiki, yaitu SDM. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID