Prasetya Online

>

Berita UB

Seminar Sustainable Landscape Management

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFP pada 03 Maret 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 4525

Seminar Sustainable Landscape Management
Seminar Sustainable Landscape Management
Dengan tujuan mempelajari tema riset serta isu terbaru mengenai Landscape Management di Indonesia serta mempromosikan aktivitas internasional bagi mahasiswa S2 yang mempelajari bidang managemen dan ekologi landskap, maka diadakanlah Seminar on Sustainable Landscape Management di Gedung Baru lantai 5 Fakultas Pertanian UB Senin (02/03). Kegiatan tersebut mengundang Prof. Satoshi Ito dan Assc. Prof. Ichiro Kamei beserta Graduate School Students Departments of Bioresources, University of Miyazaki, Japan.

Pembantu Dekan I FP, Ir. Didik Suprayogo, M.Sc., PhD mewakili Dekan FP UB menyampaikan harapannya agar kerjasama ini tidak berhenti disini tetapi terus terjalin sebagai bentuk networking dalam berkomunikasi dan berkolaborasi antara Miyazaki University dan Universitas Brawijaya.

Professor Ito mengapresiasi sambutan serta penerimaan yang diterimanya, dia juga mengatakan bahwa ini adalah kali kedua berada di Indonesia. 25 tahun yang lalu Ito pernah bekerja di Kalimantan Timur selama dua bulan. Tema materi yang diangkat Ito adalah Changes In Biodiversity And Ecosystem Services Due To Land-Use Change During Last Century In A Japanese SATOYAMA Landscape.

Guru Besar FP UB dari Jurusan Tanah, Prof. Dr. Ir. Kurniatun Hairiah juga turut hadir menyampaikan presentasi mengenaiAgroforestry. Kemudian dilanjutkan oleh Assc. Prof. Ichiro Kamei yang menengahkan Current Study of Biomass Utilization: Integrated Fungal Fermentation of Lignocellulose.

Pada kesempatan terpisah, Karuniawan Puji Wicaksono, SP. MP. PhD, selaku penggagas acara menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari MOU yang ditandatangani pada 2011 lalu dan dimulai dengan terbentuknya reprentative office dari UOM (University of Miyazaki) di UB. Prof. Satoshi Ito kita pilih karena beliau membawahi banyak proyek nasional yang bergengsi di Jepang maupun di kancah internasional pada bidang Landscape Management serta telah menjadi reviewer di beberapa jurnal internasional. Beliau dengan semangat menawarkan diri untuk bertindak sebagai dosen pendamping dari UOM bagi mahasiswa UB. Penguasaan bidang Landscape Management dapat berguna menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa maupun dosen. [waw]

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID