Prasetya Online

>

Berita UB

Seminar Nasional HIMATETA

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 05 Juni 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5272

Seminar Nasional Inaugurasi TEP
Seminar Nasional Inaugurasi TEP

Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Univeristas Brawijaya (UB) pada Sabtu (2/5) menyelenggarkan acara Seminar Nasional di Aula Gedung Fakultas Teknologi Pertanian (FTP).Ketua Pelaksana Yusriadi Tauhid menyampaikan acara Inaugurasi TEP 2011 ini merupakan acara tahunan HIMATETA dengan konsep yang berbeda-beda.

“Pada tahun ini kami menyelenggarakan Seminar Nasional bertemakan  menuju Indoneisa mandiri dengan peningkatan mutu pangan dalam negeri melalui inovasi teknologi ,” ungkapnya

Pada sesi seminar menghadirkan dua pemateri yaitu Ir. Sugiastuti,MMA., Inspektor Pangan Organik, Dinas Provinisi Jawa Timur dan Ir. Dwi Purnomo, MM., Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STPP Malang.

Ir. Sugiastuti memaparkan tentang kemandirian pangan Indonesia yang ditentukan oleh pangan yang bermutu. Menurutnya, pangan bermutu bukanlah yang memiliki harga mahal tetapi pangan yang mempunyai kualitas tinggi contohnya adalah pangan hasil pertanian segar.

“Pangan hasil pertanian segar  adalah pangan segar yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang  belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung  atau dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan,” paparnya.

Lebih lanjut Ir. Sugiastuti menjelaskan pangan Indonesia untuk  bisa bersaing dan berkelanjutan diantaranya perbaikan produktivitas dan efisiensi usaha, peningkatan performa dan mutu produk

serta penerapan teknologi maju dan tepat guna.

Pemenang Costume Party
Pemenang Costume Party

Sedangkan Ir. Dwi Purnomo menjelaskan tentang teknologi berbasis lingkungan yang berkelanjutan. Menurutnya penggunaan pupuk sebenarnya tidak salah, namun apabila berlebihan akan sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup.

“Bukan anti pupuk tetapi pupuk bisa digunakan sebagai senjata terakhir,” ungkapnya.

Saat ini teknologi semakin maju dan bisa membuat pupuk organik. Pupuk organik inilah yang saat ini sedang dikembangkan dan lebih ramah lingkungan.

Setelah seminar,acara dilanjutkan dengan Motivation Training yang diisi oleh Dirganto, S.TP.,M.Pd.,C.Ht.

Costume Party dan Class Performance. Menurut Yusriadi  acara ini untuk meningkatkan rasa kekeluargaan diantara mahasiswa TEP . [arr]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID