Prasetya Online

>

Berita UB

Seminar Nasional Basic Science

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 26 Februari 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2219

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam rangka Dies Natalis ke-42 Universitas Brawijaya, Sabtu 26 Februari 2005, menyelenggarakan Seminar Nasional dengan topik "Peran Basic Science dalam Pembangunan Berkelanjutan".
Menurut Ketua Panitia, Adi Susilo PhD, pembangunan berkelanjutan adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang. Dalam kaitan ini, lanjut Adi Susilo, ilmu-ilmu dasar yang dikelola FMIPA diharapkan juga memberikan sumbangsih pemikirannya.
Ditambahkannya, isu mengenai lingkungan hidup merupakan salah satu bagian dari pembangunan berkelanjutan. Sementara, saat ini Komisi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Dunia (World Commission on Environment and Development) mensyaratkan pembangunan harus meningkatkan potensi produksi dengan cara yang ramah lingkungan, serta menjamin terciptanya kesempatan yang merata dan adil bagi semua orang. Usaha peningkatan taraf hidup masyarakat harus dilakukan tanpa merusak lingkungan hidup. "Bahkan dengan pembangunan berkelanjutan ini kualitas lingkungan hidup biofisik dan sosail ekonomi budaya akan diperbaiki dan ditingkatkan". Demikian Adi Susilo.
Seminar ini menampilkan 3 keynote speaker Dr. Jeohn Gwang Ho (ahli biologi molekuler dari Korea), Dr. Agus Suryanto (ahli matematika dari Unibraw), dan Dr. Ir. Richard Mengko (Staf Ahli Menteri Negara Riset dan Teknologi bidang Informasi Teknologi). Tercatat telah masuk sejumlah 72 makalah hasil penelitian ilmu murni, lingkungan, energi, pemodelan, ilmu-ilmu hayati, ilmu-ilmu terapan, pangan serta eksplorasi. Sementara itu peserta tercatat sekitar 200 orang dari berbagai daerah dan instansi seperti BPPT dan LIPI serta universitas. [Far]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID