Prasetya Online

>

Berita UB

Seminar Manajemen Klinik/Rumah Sakit

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 Juni 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 4555

Lakesma Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya bekerja sama dengan LKMI Cabang Malang, Sabtu-Minggu (4-5/6), mengadakan Seminar Kepemimpinan dan Manajemen Pendirian Pengembangan Klinik/RS.
Seminar bertema "Ingin Membentuk Calon Profesional Kese-hatan yang Islami Sesuai dengan Kaidah-kaidah Keislaman", ini berawal dari kepedulian melihat pengetahuan para calon pro-fesional kesehatan tentang ilmu kepemimpinan, kewirausahaan dan manajemen BP/RB/RS masih sangat kurang bila hanya didapat dari bangku kuliah.
Tresna Angga B, salah seorang panitia pelaksana, menuturkan bahwa 4 orang direktur rumah sakit dan 6 orang ahli profesional kesehatan diundang sebagai narasumber.
Keempat direktur rumah sakit itu adalah dr. Siti Sajariyah SpP (Direktur RSI Aisyah Malang), membawakan materi "Mana-jemen Konflik di Rumah Sakit", dr. Taufikkurahman (Direktur RSI Manidah/BP Pujon/BP Ngantang) dengan materi "Manaje-men Pemasaran", dr. Sulaiman Rosyid (Direktur RSI Sakinah Mojokerto) dengan materi "Manajemen Akuntansi dan Audit Keuangan Rumah Sakit".
Sementara enam ahli profesional yang menyampaikan makalah adalah Prof. dr. Soetomo Soenarto SpOG (guru besar Obstetri Ginekologi FK Unibraw) dengan judul "Idealisme Pemuda dalam Menyongsong Era Globalisasi", dr. Heru Iskandar (Direk-tur LKMI-HMI Cabang Malang) dengan materi "Pengantar Balai Pengobatan/Rumah Bersalin/Rumah Sakit", Prof. dr. M. Aris Widodo PhD SpFK (mantan Di-rektur RSI Unisma Malang) dengan judul "Pendirian dan Pe-ngembangan Awal Balai Pengobatan/RS", dr. Arif Alamsyah MARS (Ahli Perumahsakitan) dengan judul "Studi Kelayakan Proyek Pendirian Balai Pengobatan/Rumah Bersalin/Rumah Sakit".
Kegiatan ini juga dihadiri pemateri lain seperti Sunardi SH (Ketua Apindo Pasuruan, Ketua Kadin Pasuruan dan Ketua PMSM), Drs. Djanalis Djanaid (trainer kewirausahaan) dengan materi "Teknik Negosiasi dan Pengendalian Publik Opini", dan Ir. Retno Suntari MS (praktisi public relations) dengan judul "Teknik Komunikasi".
Seminar ini diikuti sekitar 150 orang peserta, terdiri dari mahasiswa FK Unibraw sendiri, kalangan dokter, perawat, bidang, LKMI Surabaya, dan LKMI Semarang. [sat]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID