Prasetya Online

>

Berita UB

Semarakkan Rangkaian Dies Natalis-ke 56 UB dengan Jalan Sehat

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh zenefale pada 02 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 795

Pelepasan secara simbolis burung derkuku oleh jajaran pimpinan kampus UB
Pelepasan secara simbolis burung derkuku oleh jajaran pimpinan kampus UB
Kemeriahan acara Jalan Sehat dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya (UB) ke 56 berlangsung semarak. Ribuan pengunjung yang hadir turut serta meramaikan kegiatan yang masih bertemakan tentang revitalisasi lingkungan dan green campus, Minggu (2/12). Koordinator Jalan Sehat Dies Natalis UB ke-56 drh Dodik Prasetyo Mvet mengatakan acara jalan sehat ini dibuka dengan dengan pelepasan burung derkuku yang tersertifikasi dan juga terlatih. Pelepasan burung tersebut diharapkan menjadi pengaruh positif terhadap lingkungan serta memberikan peningkatan terhadap iklim ekosistem si sekitar kampus UB. "Pelepasan burung derkuku ini dilaksanakan secara simbolis melalui Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS selaku Rektor UB, didampingi oleh seluruh jajaran wakil rektor besama pejabat pimpinan kampus," ungkapnya.

Rektor UB menyambut baik kegiatan ini, mengingat acara jalan sehat tidak hanya menjadi wujud mempererat tali silaturahmi antar sivitas akademika, namun juga menjadi refleksi bagi seluruh peserta untuk memulai gaya hidup sehat. Sebelumnya, Rektor UB sendiri memiliki wacana untuk melakukan rutinitas kegiatan "Car Free Day" di lingkungan kampus pada setiap hari jumat pagi. "Dalam acara ini menargetkan peserta sekitar 12 ribu orang, Kami bersyukur acara bisa terlaksana sesuai jadwal yang telah direncanakan. Kepenitian melalui FKH, FH hingga tim dari kantor pusat juga saling bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan ini," tambahnya.

Selain dihibur oleh pertunjukan musikal yang dbawakan oleh DJ, band bintang tamu, hingga tari-tarian, peserta juga dapat menikmati gerai masakan tradisional. Berbagai macam makanan disediakan oleh panitia melalui stan-stan masakan yang berada di sekitar lingkungan gedung Samantha Krida. Mereka bisa menukarkan kupon dengan pilihan 37 stan masakan cita rasa Indonesia. Selain itu, peserta jalan sehat juga berkesempatan untuk mengikuti pengundian doorprize yang terbagi dalam beberapa sesi. Hadiah yang di sediakan juga sangat beragam, mulai dari handphone, sepeda gunung, lemari es, televisi, sepeda motor hingga paket umroh.

Car Free Day

Car Free Day (CFD) kembali meramaikan suasana di Universitas Brawijaya (UB) Melalui Kementerian Lingkungan Hidup Eksekutif Mahasiswa (EM) UB. Sejalan dengan tujuannya, UB selalu mendukung program dalam keterkaitan akan kesadaran lingkungan Green Campus. CFD diisi melalui acara seperti senam pagi serta tes kesehatan gratis. Turut pula hadir meramaikan CFD, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. selaku Rektor UB beserta jajaranya, dan para dekan fakultas. “Begitu nikmat kalau kita hidup di lingkungan yang nyaman. UB adalah kampus kita dan sudah wajib untuk merawatnya. Salah satunya dengan menata lingkungan yang baik,” jelas Prof. Nuhfil.

Sejalan dengan prof. Nuhfil, (Prof.) Dr. Ir. Sasmito Djati selaku Wakil Rektor 4 bidang kerjasama mengungkapkan betapa manusia dapat menikmati hidup tanpa keramaian jalan. “Rektor juga menginginkan ini setiap Jumat. CFD bukan berati berdampak secara langsung tetapi paling tidak memberikan kita sebuah momen,” ungkapnya.


CFD UB sendiri berlokasi di sepanjang jalan Fakultas Kedokteran (FK) hingga Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). CFD dimeriahkan dengan penganugerahan beasiswa sampah kepada 5 mahasiswa UB yang membutuhkan. Beasiswa Sampah adalah gagasan kreatif melalui bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang memang membutuhkan dana.  Beasiswa tersebut juga merupakan hasil donasi sampah dari masyarakat yang kemudian dikonversi menjadi beasiswa oleh pihak EM. CFD juga diwarnai oleh pembagian susu gratis bagi pengunjung yang mendonasikan sampah kepada panitia. Selain itu, terdapat pula komunitas-komunitas binatang, seperti reptile dan kelinci yang turut meramaikan acara tersebut. [indra/afwega/dinda]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID