Selain Nikmat, Miantea Mampu Cegah Penyakit Cacing

Dikirim oleh oky_dian pada 19 Mei 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 374

Team Miantea
Team Miantea
Daun Miana yang selama ini banyak digunakan sebagai tanaman hias ternyata mempunyai banyak fungsi. Salah satunya adalah mencegah cacingan pada anak-anak.

Infeksi cacing yang bisa menimbulkan 150.000 kematian pertahun saat ini bisa diantisipasi dengan daun Miana yang diolah menjadi teh bernama Miantea.

Miantea dibuat oleh empat mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP UB). Mereka adalah Inmas Putri Rahmawati, Della Putri, Savrida Nurahmi, dan Ica Raditia.

Miantea
Miantea
Kandungan antioksidan dalam daun Miana dipandang efektif dalam melumpuhkan pertumbuhan cacing pita yang ada di dalam perut.

Salah satu anggota kelompok Inmas mengatakan bahwa senyawa Tanin yang termasuk kedalam jenis antioksidan berfungsi mempercepat penggunaan glukosa dalam tubuh cacing.

"Cacing yang banyak mengeluarkan glukosa dan glikogen akan mengeluarkan energi berlebih sehingga mudah lemas dan akhirnya mati,"kata Inmas.

Dalam uji coba secara laboratorium, cacing pita yang direndam ke dalam teh akan mengalami kelumpuhan dan kematian dalam jangka waktu 36 hingga 96 jam atau sekitar empat hari.

"Sesuai dengan percobaan secara laboratorium, dalam jangka waktu 36 jam cacing akan melumpuh dan jangka waktu 96 jam cacing akan mati,"katanya

Penggunaan Miantea saat ini telah diuji coba secara organolabtic atau secara oral kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Purwantoro VI terkait aroma, rasa, dan warna.

"Dari uji coba yang telah kami lakukan ternyata banyak siswa-siswi SD yang menyukai rasa teh kami. Jadi selain nikmat juga mempunyai banyak manfaat ketika mengkonsumsi Miantea,"katanya.

Della menambahkan bahwa saat ini Miantea masih diterapkan untuk cacing pita, sedangkan untuk cacing tambang dan cacing kremi akan dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Meskipun masih kami terapkan untuk cacing pita, namun kami yakin bahwa Miantea juga bisa digunakan untuk mencegah perkembangan cacing tambang dan cacing kremi,"katanya.

Selain mempunyai kandungan antioksidan, didalam daun Miana juga terkandung Senyawa Fenol untuk menghambat tumbuh kembang cacing. Selain itu, juga terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi untuk meregenerasi kulit, saponin untuk kekebalan tubuh dan kesehatan tulang, serta katekin yang berperan dalam menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

 

Artikel terkait