Prasetya Online

>

Berita UB

Sehari Mengulik Praktik Monopoli Di Indonesia Bersama Dr. Abdul Aziz

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafisip pada 11 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 455

Penulis Buku Ekonomi Politik Monopoli Dr. Abdul Aziz
Penulis Buku Ekonomi Politik Monopoli Dr. Abdul Aziz
"Berbicara tentang ekonomi politik, berarti berbicara tentang ekonomi dari aspek non ekonomi. Siapa aktornya?, Siapa pemainnya?, dan bagaimana prosesnya?," ujar Dr. Abdul Aziz, penulis buku "Ekonomi Politik Monopoli"  sekaligus Dosen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB). Pemaparan tersebut disampaikan dalam kegiatan Diskusi Buku yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik UB.

Buku yang dibuat dengan proses yang cukup panjang ini disusun dengan melakukan  penggalian data langsung dari orang-orang yang berpengaruh, khsusunya pada perekonomian di Indonesia.  Aziz menjelaskan, bahwa proses perekonomian di Indonesia saat ini banyak dipengaruhi oleh investor asing yang masuk.

"Saham asing yang masuk ke Indonesia sudah mencapai 99%. Tingkat liberal ini berada di atas Amerika yang berada di angka 35%," ujar Aziz dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (4/3/2019) di Auditorium Nuswantara, FISIP.

Dalam kesempatan tersebut, Aziz menjelaskan secara singkat proses praktik monopoli di Indonesia yang tertuang secara lebih lengkap dalam buku karangannya tersebut.

Selain Dr. Abdul Aziz S.R., kegiatan diskusi buku ini dihadiri juga oleh Prof. Bagong Suyanto, penulis buku "Memahami Teori Sosial". Dalam pemaparannya, Bagong menjelaskan salah satu alasan penulisan buku tersebut karena minimnya inovasi topik penelitian dari akademisi sosial. "Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan untuk melacak latar belakang dan melihat dasar filsafat dari fenomena sosial yang ada," pungkas Bagong. (07/Fariza/Humas FISIP/Humas UB)

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID