SMART IB : Aplikasi Layanan IB Secara On Line

Submit by dietodita on July 12, 2018 | Comment(s) : 0 | View : 226

SMART IB
SMART IB
Perkembangan populasi ternak di Indonesia tidak terlepas dari peran teknologi. Salah satu teknologi di bidang reproduksi ternak yaitu Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik dengan memasukkan semen (sperma) pejantan yang telah diproses ke dalam saluran reproduksi ternak betina melalui alat yang disebut insemination gun. Namun belum semua peternak menguasai metode kawin suntik tersebut, misalnya kelompok tani sapi perah dan pedaging Pandermania, Batu.

Kelompok tani yang didirikan pada tahun 2007 ini memiliki permasalahan yakni rendahnya angka keberhasilan IB. Mayoritas peternak tidak melakukan kegiatan recording atau pencatatan siklus birahi pada ternak betina sehingga saat birahi tidak dapat terdeteksi.

Oleh sebab itu mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) UB menciptakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menciptakan aplikasi SMART IB. Yaitu aplikasi pelayanan IB secara online yang dilengkapi fitur recording untuk mempermudah peternak dalam mengetahui siklus birahi ternak. Serta smart recording yakni jasa konsultasi online seputar pemilihan jenis bibit semen, info ternak, dan berita dunia peternakan Indonesia.

Tim yang terdiri dari Pranaya Arya Satya (2015), Puguh Harianto (2015), dan Wahyu Nindasari (2016) ini berharap dengan adanya aplikasi SMART IB dapat menyelesaikan permasalahan Kelompok Tani Pandermania dalam pelaksanaan IB maupun recording siklus birahi sehingga mampu meningkatkan keberhasilan reproduksi ternak yang dipelihara. (dta/Humas UB)