Prasetya Online

>

Berita UB

SKK Migas Sapa Mahasiswa Lintas Jurusan FT- UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 20 November 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 453

Kuliah Umum Hulu Migas
Kuliah Umum Hulu Migas
Dengan Tajuk “Hulu Migas Goes to Campus 2017”, Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas memberikan kuliah Umum kepada lebih 150 mahasiswa Fakultas Teknik lintas jurusan dan angkatan Universitas Brawijaya. Bertempat di Auditorium lantai 6 Gedung Teknik Industri (TI),Senin (20/11/2017), Kepala Divisi Fasilitas dan Keuangan SKK  Migas; Sapta Nugraha dan Senior Manager Corporate Affairs and Administration Petronas; Andiono Setiawan, hadir sebagai pemateri utama.

Sebelum acara dimulai, Jurusan TI sebagai host memberikan Standard Safety Briefing untuk Evakuasi gedung kepada segenap peserta yang disampaikan oleh Suluh Elman swara, ST., MT.  Selain itu untuk menghangatkan suasana Kuliah umum kali ini, Faizal Sandra Samjaya dan Enissita Ninditya mempersembahkan sajian musik hiburan. Mereka berdua merupakan mahasiswa Jurusan TI angkatan 2014 yang mewakili UB Meraih Prestasi dalam bidang tarik suara dalam beberapa kompetisi regional.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT hadir menyambut para pemateri dan peserta kuliah tamu. Bersama dengan dekan turut hadir, Muhammad Aziz Muslim, ST., MT., Ph.D, Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D, dan Ir. Bambang Poerwadi, MS. Masing- masing adalah Ketua Jurusan Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Kimia.

Dalam sambutannya, dekan mengharapkan Kuliah Umum kali ini dapat menjadi jembatan antara Industri Hulu migas dengan mahasiswa. Dosen Jurusan Teknik Pengairan ini juga mengungkapkan antusiasmenya untuk kerjasama yang lebih dalam lagi antara FT-UB dengan SKK Migas untuk program magang mahasiswa, rekrutmen alumni, dan riset dosen.

“Kehadiran SKK migas ke kampus kami menjadi event yang menggembirakan. Para Mahasiswa, manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dari para pakar yang hadir hari ini. Negara kita butuh, terobosan dan optimalisasi dalam bidang Energi dan Migas!” Ujar dekan menutup sambutannya.

Sesi Materi

Dalam sesi materi, Oyong Novareza, ST., MT., Ph.D, seorang dosen Jurusan TI bertugas menjadi Moderator. Materi Pertama bertajuk “Perkembangan Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi“ dipresentasikan oleh Sapta Nugraha dari SKK migas. Sapta Nugraha menciptakan suasana interaktif bagi peserta kuliah tamu dengan memberikan doorprize bagi mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.

Lebih jauh dirinya memaparkan aspek-aspek keteknikan yang dapat dieksplorasi oleh mahasiswa jika ingin berkecimpung di industri ini, termasuk bidang- bidang apa saja yang terkait dengan jurusan keteknikan yang terkait. Sapta secara konsisten memotivasi para mahasiswa jurusan keteknikan untuk terjun ke industri Migas. Berbagai potensi pengembangan Industri Hulu migas di Indonesia dijabarkan secara komprehensif.

"Anda semua ini (mahasiswa, red) adalah Potensial Work Force untuk lima hingga sepuluh tahun mendatang. Saya mengajak anda untuk menyumbang kontribusi dari ilmu yang anda dapatkan di kampus untuk diaplikasikan di Industri Migas dalam upaya swadaya Energi di Indonesia!,"katanya.

Menginjak ke Materi kedua, Andiono Setiawan dari Petronas mengajak mahasiswa untuk menyaksikan sebuah video mengenai kegiatan community Service responsibility (CSR) yang dilakukan Petronas. Video ini berkesinambungan dengan materi yang diberikan mengenai kontribusi Industri Migas sebagai generator ekonomi di area eksplorasi.

Lulusan Teknik Sipil ini juga menjabarkan titik- titik Eksplorasi dan industri hulu migas yang dimiliki Petronas di Indonesia. Lebih dalam, Andiono juga menjelaskan dengan detail teknis eksplorasi yang digunakan oleh Petronas. Dia mengharapkan penjelasan  yang disampaikan dapat membuka wawasan mahasiswa yang tertarik dalam bidang migas untuk dapat memperdalam bidang ilmu spesifik yang dibutuhkan dalam industri ini.

“Kesempatan untuk mengembangkan teknologi dalam rangka optimalisasi industri ini masih sangat luas. siapa tahu salah satu dari anda yang hari ini hadir disini hari ini, dapat menyumbangkan ide brilliannya untuk optimasi Industri migas suatu saat nanti!” tutupnnya.

Selaras dengan antusiasme para pemateri, peserta yang hadir menyambut dengan antusias  dalam sesi tanya jawab. Pertanyaan terkait spesifikasi keilmuan dan kesempatan profesi untuk masing- masing jurusan yang ada di FT menjadi bahasan yang cukup ramai didiskusikan. Selain itu pertanyaan mengenai pengembangan sumber energi lain yang lebih sustainable juga menjadi bahasan menarik.

Pada sesi terakhir moderator masih memberi kejutan, pemateri menyiapkan hadiah bagi tiga penanya terbaik. Tufair dari TE elektro, Rehan dari  TI, dan Ismail dari TE mendapat hadiah tiga buku Terbitan SKK Migas dan Petronas dengan  Tema Indsutri Migas. Roadshow Kuliah Umum SKK Migas 2017 dilanjutkan dengan sesi Penyerahan Momento dari SKK migas dan Petronas untuk FT-UB dan sebaliknya penyerahan Plakat penghargaan dari FT ke 2 institusi Migas ini. (emis/Humas UB)

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID