Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor UB Tinjau Lokasi di Hari Pertama Tes UTBK

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh zenefale pada 13 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 873

Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani Ar MS bersama jajaran pimpinan meninjau lokasi pelaksanaan UTBK
Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani Ar MS bersama jajaran pimpinan meninjau lokasi pelaksanaan UTBK
Hari ini, Sabtu (13/4), Universitas Brawijaya menggelar tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi calon pendaftar mahasiswa baru. Ujian dilakukan secara serentak di 73 pusat UTBK yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia mulai 13 Maret hingga 26 April mendatang. Untuk wilayah Kota Malang sendiri, UTBK dilaksanakan di dua lokasi yaitu UB dan Universitas Negeri Malang. Jumlah pendaftar UTBK UB pada gelombang I mencapai 17.291 siswa, terdiri dari peserta Saintek dengan 9.493 dan siswa Soshum sebanyak 7.798. Dari jumlah tersebut, terdapat pula pendaftar Bidikmisi dengan jumlah 3.360. Sedangkan pendaftar UTBK gelombang II, siswa yang sudah mendaftar sebanyak 17.923 siswa, terdiri dari 9.619 Saintek dan 8.304 Soshum. Jumlah tersebut pula mencakup bidikmisi dengan total 4,775 siswa danpeserta difabel satu orang.

Dalam pelaksanaan UTBK ini, Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani Ar MS berkesempatan untuk meninjau langsung lokasi tes didampingi oleh beberapa pejabat fakultas bersama Prof Dr Aulanni'am DVM DS, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Prof Nuhfil mengungkapkan ia yakin jika tes UTBK saat ini akan berjalan lancar tanpa adanya kecurangan maupun permasalahan joki yang kerap menjadi kendala ketika ujian berlangsung. "Saya cukup optimis dengan ujian UTBK yang diselenggarakan di kampus UB. Kami telah mempersiapkan seluruh fasilitas yang ada untuk memperlancar kegiatan ujian. Dengan persiapan dan sistem baru yang diselenggarakan LTMPT, kami yakin bisa menutup kecurangan-kecurangan yang selama ini sering terjadi," ungkapnya.

Tahun 2019 ini hanya SBMPTN yang mengalami perubahan secara khusus. Siswa tidak langsung mendaftar SBMPTN, akan tetapi harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu. Dari nilai UTBK itulah, siswa baru bisa mendaftarkan hasil tes mereka di SBMPTN. Sejauh ini, UB telah menyiapkan komputer sebanyak 1795 unit yang tersebar di 52 ruang yang berada di fakultas dan vokasi. Tes UTBK akan dilaksanakan selam sepuluh hari yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu serta terbagi dalam dua sesi, sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi berlangsung pukul 07.30 - 11.45 dan sesi siang dimulai 12.30 - 16.45. Sedangkan untuk nilai tes UTBK sendiri akan diumumkan kepada peserta paling lambat 10 hari setelah ujian. [indra] 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID