Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor UB Terima Delegasi Kirab Kalpataru 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 03 September 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 513

Ir. Bambang Irianto dan Rektor UB
Ir. Bambang Irianto dan Rektor UB
Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Inisiator Kampung Glintung Go Green Ir. Bambang Irianto berhasil meraih Penghargaan Kalpataru 2018. Penghargaan tersebut Ia terima untuk kategori Pembina Lingkungan, yaitu individu/tokoh masyarakat yang melakukan pembinaan untuk membangkitkan kesadaran, prakarsa, dan peran masyarakat guna melestarikan fungsi dan tatanan lingkungan hidup dan/atau berhasil mengimplementasikan temuan teknologi baru ramah lingkungan.

Untuk mengekspos hal tersebut kepada masyarakat, Kampung Glintung bersama-sama dengan masyarakat dan lintas komunitas mengadakan Kirab Kalpataru, Senin (3/9/2018). Rute kirab dimulai dari Universitas Islam Malang - Universitas Brawijaya (UB) - Kampung Glintung Go Green - Malang Post (Sawojajar) - Balaikota Malang - RM Kertanegara.

Di UB, delegasi kirab diterima oleh Rektor UB beserta jajaran pimpinan UB. Dalam sambutannya, Ir. Bambang Irianto menyampaikan bahwa penghargaan Kalpataru ini berhasil diraih karena kerjasama yang baik antara Kampung Glintung Go Green dengan UB.

"Enam tahun yang lalu saya hanya ketua RW 23 yang belum mahir, malah di Kampung Glintung sering banjir. Lalu kami mendengarkan saran dan pendapat dari UB, khususnya Fakultas Teknik serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Akhirnya prestasi demi prestasi kami raih mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi. Pada tahun 2016, karena dorongan dari UB, kami berhasil meraih penghargaan dari Guangzhou International Award (GIA) for Urban Innovation melalui gerakan menabung air atau water banking movement," jelas pria alumni Fakultas Pertanian UB ini.

Ia menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk role model pendampingan perguruan tinggi kepada kelompok masyarakat. "Mudah-mudahan apa yang dikerjakan Kampung Glintung dapat menginspirasi kampung-kampung lain di tanah air. Marilah UB dan Glintung Go Green membangun negeri dari lorong-lorong kampung," tandasnya.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS sangat mengapresiasi keberhasilan ketua RW 23 Glintung kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing ini karena telah menerima penghargaan tertinggi bidang lingkungan untuk perorangan.

"Kerja sama ini perlu diteruskan. Apalagi Kampung Glintung Go Green tidak hanya ramai didatangi pengunjung dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Sudah 41 negara mengunjungi kampung ini. Ke depan mungkin perlu bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya. Semoga bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung yang lain dan bermanfaat untuk pembangunan Kota Malang," sambut Rektor.

Kirab dilakukan dengan 24 mobil jeep serta mobil pengawal dari kepolisian maupun Dinas Perhubungan. Rektor UB juga diagendakan hadir pada rangkaian penyerahan Piala Kalpataru kepada PLT Walikota di Balaikota Malang, pada hari yang sama pukul 13.15 WIB. [Irene/Humas UB] 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID