Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor Resmi Terima 1326 Maba Pasca Sarjana

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 12 September 2013 | Komentar : 0 | Dilihat : 4460

Mahasiswa Pasca Sarjana Resmi diterima Rektor
Mahasiswa Pasca Sarjana Resmi diterima Rektor
Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito pada Kamis (12/9) secara resmi menerima 1326 Maba Pasca Sarjana di gedung Samanta Krida dalam acara Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Ajaran 2013/2014 Program Magister Dan Doktor UB.

Pada sambutannya Yogi menyampaikan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Maba ini penting diikuti karena peraturan-peraturan di setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Sehingga banyak permasalahan yang dialami mahasiswa pasca karena belum memahami peraturan yang ada.

“Kalian beruntung bisa melanjutkan ke tingkat pasca sarjana karena di Indonesia masih belum banyak lulusan yang bergelar magister maupun doktor. Menurut data Angka Partisipasi Kasar (APK) pada jenjang S1 masih kurang dari 20% apalagi jenjang pasca sarjana,” ungkapnya.

Yogi  menambahkan salah satu tujuan sekolah pasca sarjana adalah untuk bisa lebih memahami dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang masing-masing dan hasil penelitian tidak hanya menjadi jurnal tetapi harus bisa diinovasikan menjadi sesuatu hal yang bermanfaat bagi masyatakat.

“Untuk mendukung hal tersebut mahasiswa pasca sarjana UB dibekali tiga kompetensi pendukung yaitu penguasaan teknologi informasi,  kemampuan berkomunikasi dan kecakapan berbahasa asing yang terwujud dalam Satuan Kredit Semester (SKS),” imbuhnya.

Pembantu Rektor I Prof.Dr. Bambang Suharto MS., menambahkan membaca buku panduan akademik adalah wajib agar bisa memahami sistem pendidikan pasca sarjana UB.

“Sehingga bisa merencanakan kelulusan dengan tepat waktu dan nilai yang baik,” ungkapnya.

Bambang kemudian menjelaskan bagaimana sistem pendidikan pada program magister dan doktor mulai dari tujuan pendidikan sampai syarat kelululusan.

 

Sedangkan Ketua Pelaksana kegiayan Prof. Ir. Sukoso, MSc, PhD melaporkan dari total 1326 mahasiswa pasca sarjana  999 orang merupakan mahasiswa program magister sedangkan 327 mahasiswa program doktor. [rian/indra]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID