Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor Harap Tahun Depan UB Capai Akreditasi Institusi AUN-QA

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 13 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 539

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS saat membuka Workshop yang digelar LP3M UB
Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS saat membuka Workshop yang digelar LP3M UB
Globalisasi telah mengakibatkan perubahan keseluruhan kehidupan bermasyarakat, tidak terkecuali sektor pendidikan dan ketenagakerjaan. Mobilitas mahasiswa dan tenaga kerja antar negara memberikan tantangan bagi perguruan tinggi untuk memperoleh pengakuan dari masyarakat global terhadap hasil pendidikan yang dilakukannya, Hal ini yang dijadikan latar belakang Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UB menggelar Workshop Diagnosis Diri Kurikulum Program Studi Berstandar Outcome Base Education (OBE) yang diikuti oleh 170 Kepala Program Studi di lingkungan UB, Senin - Selasa (10/11-11/12/2018) di Ijen Suite Hotel Malang.

Ketua Pelaksana Workshop ini Prof. Dr. Ir. Wisnumurti, MT menjelaskan sejak tahun 2013 UB sudah mencanangkan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indionesia (KKNI). Di tahun 2017, Kurikulum yang digunakan di UB masih belum seperti yang diharapkan walaupun secara dokumen sudah mengacu pada KKNI.

“Sebagai Sampel untuk tingkat sarjana, kemampuan kerja dalam KKNI harusnya sudah bisa mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS serta menyelesaikan masalah. Dan untuk saat ini ada beberapa aspek diatas tidak dimiliki oleh lulusan sarjana. Maka dengan workshop ini kami harap para kaprodi yang mengikuti acara ini bisa meningkatkan sistem kurikulum berdasarkan OBE,” imbuh Prof. Wisnumurti.  

Hal tersebut sangat didukung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS yang mengatakan bahwa meningkatnya kualitas pendidikan dalam sistem perkuliahan hilirnya juga akan meningkatkan Akreditasi UB baik di level nasional dan internasional.

“Dalam era revolusi industry 4.0 sistem perkuliahan akan banyak berubah. Bukan hanya metode pembelajarannya saja yang berubah tetapi konten yang diajarkan juga berubah. Maka secepatnya program studi yang ada di UB bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi asing agar kita bisa menggali teknologi yang sudah diaplikasikan untuk meningkatkan daya saing kita dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia seperti UGM, ITB dan IPB dan yang menjadi target kita tahun depan UB bisa mencapai akreditasi internasional paling tidak akreditasi AUN-QA” kata Prof. Nuhfil.

Dalam workshop ini beberapa materi dipresentasikan antara lain Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur., SC dengan materi “Overview Kebutuhan Inovasi Pendidikan di Era Industri 4.0”, materi “Prinsip-prinsip OBE” disampaikan oleh Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D.serta materi materi yang berkenaan dengan OBE dan strategi pembelajan lainnya.[Dimas/Humas UB]

 

 

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID