Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor Berangkatkan Peserta KKM XL

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 29 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 588

Rektor melepas KKM XL
Rektor melepas KKM XL
Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS secara seremonial melepas mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT) peserta Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) XL pada hari Sabtu, 27 Januari 2018. Turut berkumpul di Lapangan Rektorat UB, seluruh jajaran pimpinan di Fakultas Teknik dari delapan jurusan, KTU beserta jajarannya, Presiden Eksekutif Mahasiswa (EM) UB, Koordinator BEM FT, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan di lingkungan FT.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah menjadi tradisi FT selama 40 tahun ini merupakan gawe gedhe perdana Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang baru dilantik 28 Desember 2017 lalu. Dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana, Dr.Eng Denny Widhiyanuriyawan ST MT menyampaikan bahwa jumlah total peserta adalah 702 yang akan didampingi oleh panitia yang terdiri dari mahasiswa senior, dosen, dan tenaga kependidikan.

Dr.Eng Denny juga mengungkapkan bahwa tujuan dari KKM ini yang pertama adalah sebagai bentuk aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama Pengabdian Masyarakat. Kedua adalah untuk memperkokoh kerjasama antar mahasiswa baru lintas jurusan dan dosen serta karyawan. Pada kegiatan yang akan berlangung selama 4 hari ini peserta akan melakukan kegiatan Proyek (untuk putra) dan Pengabdian (untuk putri). Kegiatan Proyek meliputi pembuatan rabat jalan, pembersihan drainase, penyediaan tempat sampah dan penerangan jalan. Sedangkan pengabdian oleh mahasiswa putri mencakup penyuluhan, pembuatan kerajinan tangan, dan mengajar di sekolah-sekolah terdekat. Kegiatan tahunan ini sendiri akan berlangsung di Desa Beringin, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang pada tanggal 27-31 Januari 2018.

Dr.Ir. Pitojo Tri Juwono MT selaku Dekan FTUB berpesan 3 hal. Pertama ia berharap agar di bawah komando dan koordinasi WD3 kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, tertib, kondusif, dan humanis tanpa kekerasan. Kedua, panitia harus memastikan bahwa kegiatan ini memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan semua yang terlibat dan dilaksanakan dengan seoptimal mungkin di waktu yang sangan terbatas. Terakhir ia berpesan agar maba dapat menggunakan momen ini sebagai ajang bersosialisai dan menyatu dengan masyarakat, membentuk karakter sebagai mahasiswa FT yang bisa menggunakan ilmunya untuk mengenali dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

"Tanamkan jiwa pengabdian, tenggang rasa, daya juang, dan kedisiplinan. Buatlah kegiatan ini sebagai kenangan yang bermakna bagi kita semua!" tukas Dekan.

Sementara dalam sambutannya Rektor mewakili pimpinan universitas mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan fakultas, panitia, dan mahasiswa yang menjamin bahwa kegiatan ini akan berlangsung harmonis dan memberikan kemanfaatan.

"Saya berharap nantinya kegiatan ini tak hanya menjadi harmonisasi antar jurusan di FT tetapi juga antar fakultas, sehingga bisa membuktikan bahwa UB bukanlah menara gading, tapi bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar," ujar Guru Besar Teknik Pengairan ini.

Usai dilepas para pejabat universitas, fakultas, dan jurusan, peserta KKM diberangkatkan menjadi 2 kloter menuju lokasi kegiatan. Kegiatan KKM sendiri akan berlangsung mulai jam 04.00 - 22.00 setiap harinya, sehingga diharapkan peserta dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan. [mic/Humas UB]

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID