Prasetya Online

>

Berita UB

Ratusan Mahasiswa Malang Raya Ikuti Kuliah Umum SKK Migas di UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 23 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 347

SKK (5)
SKK (5)
Untuk kesekian kalinya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerjasama dengan Teknik Industri Universitas Brawijaya (TI-UB) menggelar kuliah umum bertajuk Hulu Migas Goes to Campus.

Pada seminar kali ini SKK Migas menyampaikan perkembangan industri hulu migas di Indonesia dihadapan sekitar 350 peserta dari 9 kampus se-Malang Raya yang memadati Auditorium Prof. Ir. Suryono Fakultas Teknik UB, Kamis, 22 November 2018.

Kepala SKK Migas periode 2014-2018, Amien Sunaryadi, Ak., MPA., CISA., hadir secara langsung dan berbagi pengalamannya membangun integritas SKK Migas di masa kepemimpinannya. Dalam menjalankan bisnis hulu migas, Amien beserta seluruh manajemen dan pegawai SKK Migas berkomitmen pada prinsip 4 NO.

Yakni, no bribery (tidak boleh ada suap-menyuap), no kickback (tidak boleh ada uang terima kasih), no gift (tidak boleh ada hadiah yang tidak patut), dan no luxurious hospitality (tidak boleh ada jamuan yang mewah).

SKK (4)
SKK (4)
“Hingga akhirnya kami menerima penghargaan SNI ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan di tahun 2018. Bahkan saat ini pun kami juga menjadi penggerak dengan mengajak ratusan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan ribuan vendor mengikuti standar tersebut,” bebernya.

Dalam kesempatan ini, Amien juga menyampaikan peran impor BBM yang semakin tinggi sebagai salah satu penyebab kenaikan dolar terhadap rupiah. Amien meminta para peserta kuliah umum untuk mendukung perbaikan perekonomian Indonesia dengan cara meningkatkan produksi minyak dalam negeri.

“Di Indonesia ada 128 cekungan atau basin. Di dalam cekungan sebagian ada minyak atau gas, tapi yang mana kita belum tahu. Itu yang harus dieksplorasi. Dari 128 cekungan ini, lebih dari 60% persen belum tersentuh,” tegasnya.

Menurut Amien, ini adalah tugas para insinyur-insinyur di masa depan. Mulai dari eksplorasi, produksi, kemudian mengolah minyak mentah sampai menjadi BBM, hingga sistem pendistribusiannya. Ke semua proses ini diperkirakan memakan waktu 10 hingga 20 tahun.

SKK (3)
SKK (3)
Selain Amien, kuliah umum SKK Migas Goes To Campus juga menghadrikan 3 narasumber lainnya. Yakni Spesialis Madya Keuangan Dan Monetisasi SKK Migas Mohammad Kemal, Ph.D, Head of Relation KKKS Husky CNOOC Madura Ltd. Hamim Tohari, SH., MH., dan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Jawa Timur Dr. Handoko Teguh Wibowo, ST., M.Sc.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FT-UB Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D menyampaikan rasa bangga atas kepercayaan SKK Migas untuk menggelar kuliah tamu di UB untuk kesekian kalinya.

“Saya kira sudah 2 atau 3 kali kita mendapatkan kepercayaan dari SKK Migas untuk menggelar kegiatan yang sama, hal ini merupakan suatu kebanggan bagi kita. Kami berharap kepercayaan ini bisa ditindak lanjuti dengan meng-create kegiatan-kegiatan yang lebih detail lagi lainnya bersama SKK Migas ke depan,” kata Ishardita dalam sambutannya saat membuka acara. (and)

WhatsApp Image 2018-11-23 at 15.17.52
WhatsApp Image 2018-11-23 at 15.17.52
SKK (1)
SKK (1)
SKK (2)
SKK (2)
SKK (6)
SKK (6)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID