Prasetya Online

>

Berita UB

Rapat Terbuka Senat Dies Natalis UB Ke 51

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 05 Januari 2014 | Komentar : 0 | Dilihat : 13357

Rektor UB saat membuka Rapat Senat
Rektor UB saat membuka Rapat Senat
Universitas Brawijaya (UB) pada Minggu (5/1) melaksanakan Rapat Tebuka  Senat UB dalam rangka Dies Natalis Ke 51. Rapat dibuka secara langsung oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito. Pada kesempatannya Yogi menyampaikan Laporan Capaian Program Kerja Rektor UB 2013. Yogi kemudian memaparkan beberapa prestasi sepanjang tahun 2013 baik dibidang akademik, kemahasiswaan maupun di bidang manajemen dan keuangan.Pada bidang akademik jumlah Program Studi (PS) meningkat dari tahun 2012 sebanyak 156 menjadi 178 pada 2013. Dari keseluruhan PS tersebut sebagian besar telah terakreditasi A.

"Upaya peningkatan kualitas akademik terus kita lakukan sepanjang 2013 ini diantaranya Akreditasi Institusi ulang yang sebelumnya mendapat A dan optimis akan mendapatkan nilai A kembali. Begitu juga

dengan proses Akreditasi Internasional untuk 10 PS terus dipercepat dengan harapan pertengahan tahun ini sudah tercapai," paparnya.

Pada bidang kemahasiswaan banyak sekali prestasi yang diraih mahasiswa UB, baik di bidang ilmiah, orahraga dan seni. Prestasi-prestasi di bidang kemahasiswaan ini mempunyai arti strategis untuk sivitas akademika UB.

"Ada 10 prestasi mahasiswa di tingkat internasional dan 40 prestasi di tingkat nasional. Sungguh hal ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa dan membanggakan," ujarnya.

UB juga menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dalam aspek pemerataan kesempatan pendidikan dengan mempelopori penerimaan mahasiswa baru penyandang disabilitas yang perkuliahannya dilakukan secara inklusif. Program yang telah dimulai sejak tahun 2012 dengan menerima 15 mahasiswa dan meningkat menjadi 21 mahasiswa pada 2013.

"Hal yang sangat menggembirakan adalah prestasi para mahasiswa penyandang disabilitas ini tidak kalah dengan mahasiswa lain yang normal baik di bidang akademik maupun non akademik," ungkapnya.

Saat ini UB telah menawarkan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta sebanyak 48 jenis. Khusus Beasiswa Bidik Misi UB mendapatkan yang terbanyak diantara Perguruan Tinggi (PT) lain dengan total penerima beasiswa sebanyak 4.803.

Pada bidang organisasi dan manajemen peran Fakultas, Program serta Lembaga Unit lain sangat membantu percepatan kemajuan dan perkembagan UB selama ini. Anggaran UB terus meningkat dari tahun ke tahun baik yang berasal dari pemerintah (APBN) maupun masyarakat (PNBP).

"Peningkatan jumlah anggaran bukan hanya disebabkan karena jumlah mahasiswa yang besar namun juga karena bebagai prestasi yang kita capai selama ini, khususnya kerjasama dengan pihak luar dan prestasi ditingkat internasional," ungkapnya.

Kedepannya, UB harus terus maju dan berkembang karena sedikit kita memperlambat langkah, PT lain akan mendahului dan UB akan tertinggal untuk jangka waktu yang sangat lama.

"Oleh karena itu diperlukan pemimpin yang mampu bekerja keras, berani melakukan perubahan demi kemajuan, kreatif dan inovatif, serta dapat memotivasi serta memfasilitasi kebutuhan sivitas akademika UB tanpa memandang suku, agama, ras, asal daerah maupun kelompok," pungkasnya.

Pada senat terbuka ini juga disampaikan Orasi Ilmiah tentang Inovasi Molekuler dalam mendukung industrialisasi perikanan melalui upaya peningkatan komoditas ikan kerapu yang sehat dan ramah lingkungan oleh Dr. Uun Yanuhar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan (FPIK). [rian]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID