Prasetya Online

>

Berita UB

Program Studi Magister Komunikasi UB Berkunjung ke Kantor Staf Presiden

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafisip pada 19 April 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 475

Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UB
Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UB
Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi Mengunjungi Kantor Staf Presiden
Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi Mengunjungi Kantor Staf Presiden
Sebanyak 19 mahasiswa-mahasiswi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), Selasa (17/04/2018), melangsungkan kegiatan studi ekskursi dengan mengunjungi Kantor Staf Presiden yang bertepat di Jl. Veteran No. 16 Jakarta Pusat. Hadir juga tiga dosen FISIP UB yaitu Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi, Rachmat Kriyantono, PhD, Tenaga Ahli Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama Maulina Pia Wulandari, PhD dan Kaprodi Doktor Sosiologi Dr.Bambang Dwi Prasetyo.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa memperoleh gambaran secara lebih dalam mengenai peran dan fungsi Kantor Staf Presiden terhadap pemerintahan Joko Widodo dan masyarakat Indonesia. Pemaparan terkait fungsi dan peran KSP tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong.

"KSP didesain sebagai lembaga penting yang dikoordinasikan langsung di bawah presiden," kata Wandy. Selain itu KSP juga mengerjakan hal-hal yang bersifat substansi dan strategis untuk presiden dan pemerintahan.

Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya Rachmat Kriyantono menjelaskan, dari kunjungan ini mahasiswa diharapkan bisa mengetahui gambaran mengenai KSP beserta fungsinya dengan lebih baik lagi. Selain itu Rachmat juga mengatakan bahwa masalah yang berhubungan dengan komunikasi pemerintahan adalah hal yang penting.  

"Pada hari ini dinamika politik sangat kental yang juga ditambah dengan besarnya peran media sosial yang agresif, sehingga kami merasa masalah yang berhubungan dengan komunikasi pemerintah adalah hal yang penting,"  jelas Rachmat.

Rachmat juga menjelaskan bawah komunikasi politik yang diterapkan oleh KSP sangat bersinggungan dengan mata kuliah public relations dengan sub-tema government PR. Sehingga kunjungan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana pemerintah dalam menjalankan fungsi kehumasan.

Kegiatan ini tidak hanya sebatas kunjungan, namun juga sebagai upaya UB bersilaturahmi dan membuka jalan untuk mahasiswa dan pengajar agar dapat magang atau menulis penelitian yang berkaitan dengan Kantor Staf Presiden.

Salah seorang mahasiswi Farikha Rachmawati, berharap dengan kunjungan ini mereka dapat mengetahui bagaimana manajemen isu dan krisis.

"Saya juga ingin mengetahui bagaimana strategi KSP dalam komunikasi politik, serta banyak hal yang relevan dengan ilmu yang kita pelajari di kampus," ungkapnya. [Made/Humas FISIP/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID