Prasetya Online

>

Berita UB

Program Magang 5 PTN di Unibraw

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 11 Juni 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2047

Universitas Brawijaya ditunjuk sebagai salah satu dari 7 perguruan tinggi pembina yang ditugasi membina 5 perguruan tinggi negeri baru, yaitu:  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Serang), Universitas Malikussaleh (Lhokseumawe), Universitas Trunojoyo (Bang-kalan), Universitas Khairun (Ternate), dan Universitas Papua (Manokwari).

Pengganti detasering
Salah satu bentuk pembinaan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu adalah detasering. Yakni pengiriman staf senior selama 6 bulan untuk membina lima perguruan tinggi negeri baru tersebut. Dalam waktu dekat, program detasering akan diganti dengan program magang.
Program magang meliputi pembinaan dan peningkatan kemampuan tenaga akademik dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi melalui hubungan intensif antara peserta program dari lima perguruan tinggi sasaran dengan tenaga akademik pembinanya di perguruan tinggi pembina.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah menunjuk 7 per-guruan tinggi sebagai perguruan tinggi pembina, yaitu: ITB Bandung, IPB Bogor, Unpad Bandung, UGM Yogyakarta, UPI Bandung, dan Unibraw Malang.
Program ini bukan dimaksudkan untuk pencapaian suatu gelar lanjutan, tetapi dapat dimanfaatkan untuk seleksi mengikuti program magister dan doktor.

Enam bulan
Dengan program ini, Unibraw selaku perguruan tinggi pembina dalam waktu dekat akan menerima 10 orang staf perguruan tinggi pengirim yang akan menjalani magang selama 6 bulan.
Sepuluh peserta itu, masing-masing 1 dari program studi ilmu hukum, 3 dari ekonomi/bisnis/akuntansi, 4 dari peternakan, dan 2 dari pertanian.
Selama 3 bulan pertama mereka akan magang dalam bidang pelaksanaan kebijakan Dikti seperti: teknik penyusunan proposal penelitian, penanganan SP4 (sistem perencanaan penyusunan program dan penganggaran), kepemimpinan, pengenalan multimedia dan pembelajaran jarak jauh (e-learning), penyusunan kurikulum dan silabi, teknik pengisian borang akreditasi, dll. Sedangkan 3 bulan berikutnya, peserta akan magang dalam bidang pengajaran, berupa pembekalan dosen matakuliah, penyusunan buku ajar, praktikum, dll.
Program magang ini dikelola secara terpusat dan merupakan suatu program nasional bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga akademik dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang dikoordinasikan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi.
Perguruan tinggi pembina adalah perguruan tinggi yang mempunyai program studi/jurusan/departemen yang memenuhi persyaratan menurut kriteria Ditjen Dikti untuk menyelenggarakan pembinaan tenaga akademik melalui program magang.
Sebagai langkah lanjut penunjukan menjadi perguruan tinggi pembina dan untuk mempersiapkan pelaksanaan program magang ini, tim dari Ditjen Dikti, 27-28 Juni 2005 akan mengadakan pertemuan dengan staf Unibraw untuk membahas lebih rinci rencana pelaksanaan program tersebut. [Far]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID