Prasetya Online

>

Berita UB

Program Doktor Mengabdi: Kembangkan Fasilitas Dusun Ekowisata Berbasis Masyarakat di UB Forest

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 03 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 280

Program Doktor Mengabdi merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen di lingkungan Universitas Brawijaya untuk memenuhi salah satu kewajiban dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diketuai oleh seorang dosen bergelar Doktor, kegiatan Doktor Mengabdi dilaksanakan dalam rangka untuk membantu memecahkan masalah kelompok masyarakat melalui penerapan keilmuan maupun hasil penelitian dosen.

Dr.Eng. Novi Sunu Sri Giriwati, ST, M.Sc (Jurusan Arsitektur) dan tim dosen yang terdiri dari La Choviya Hawa, STP, MP, Ph.D (Jurusan Keteknikan Pertanian), Ar Rohman Taufiq Hidayat, ST, M.AgrSc (Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota), serta Ir. Sigmawan Tri Pamungkas, MT dan Wasiska Iyati, ST, MT (Jurusan Arsitektur), serta sejumlah mahasiswa Jurusan Arsitektur, dari beberapa bidang keilmuan berkolaborasi melaksanakan Program Doktor Mengabdi tahun 2018 di salah satu dusun yang terletak di Dusun Sumberwangi, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dusun ini terletak di kawasan UB Forest, kaki Gunung Arjuno, yang memiliki potensi lingkungan alam antara lain kenyamanan iklim pegunungan, kesejukan dan kualitas udara yang bersih, pemandangan yang indah di area kaki gunung maupun pemandangan ke arah Kota Malang, maupun potensi hasil alam berupa berbagai tanaman buah dan sayur seperti kopi, jagung, sawi, dan pokcoy. Dusun Sumberwangi juga bersebelahan dengan area hutan pinus dengan topografi lahan yang berkontur, yang dijadikan sebagai area motor trail track.

Dusun Sumberwangi sendiri merupakan salah satu dusun yang dihuni oleh penduduk dengan mayoritas mata pencaharian berkebun di area kaki Gunung Arjuno. Di sisi lain, dusun ini memiliki kondisi fisik permukiman yang masih belum terlalu memperhatikan prinsip keamanan dan keselamatan bangunan untuk daerah lereng gunung, tata spasial permukiman yang baik, infrastruktur yang memadai, serta kualitas tampilan bangunan yang menarik untuk dijadikan dusun ekowisata.

Berjudul Pengembangan Fasilitas Dusun Ekowisata Berbasis Masyarakat di UB Forest Dusun Sumberwangi Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Dr.Eng. Novi Sunu Sri Giriwati, ST, M.Sc ini melakukan pengembangan potensi baik sumber daya masyarakat maupun alam di Dusun Sumberwangi dalam upaya terwujudnya Dusun Ekowisata yang tidak hanya mengutamakan keuntungan ekonomi semata, melainkan konsep Dusun Ekowisata yang berkelanjutan, meliputi keseimbangan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Target luaran kegiatan doktor mengabdi ini antara lain adalah pemetaan awal Dusun Sumberwangi dalam upaya pengembangan Dusun Ekowisata, pembentukan kelompok masyarakat pelaku ekowisata (kelembagaan masyarakat pelaku ekowisata) dan inisiasi usaha ekonomi masyarakat (produk lokal, warung kopi) dalam pengembangan ekowisata, serta masterplan ekowisata.

Pada konsep pengembangan masterplan dusun ekowisata di Dusun Sumberwangi ini, diterapkan beberapa prinsip desain bangunan dan tata spasial permukiman yang mengadopsi nilai-nilai arsitektur tradisional Jawa untuk mempertahankan kearifan lokal di lingkungan setempat, maupun mengedukasi pengunjung dusun ekowisata kedepannya. Fasilitas pendukung seperti penginapan dan penjualan produk lokal untuk dikonsumsi maupun oleh-oleh, dibutuhkan oleh pengunjung baik yang sedang melakukan kegiatan penelitian di lingkungan UB Forest, pengunjung yang datang untuk kebutuhan olahraga seperti sepeda gunung dan motor trail, maupun pengunjung atau wisatawan yang datang untuk refreshing.

Untuk penyediaan fasilitas penginapan bagi pengunjung, community hostel berkonsep homestay yang memanfaatkan rumah penduduk setempat, bertujuan untuk efisiensi lahan maupun efisiensi maintenance fasilitas penginapan. Di samping itu, homestay yang terintegrasi di rumah-rumah warga dapat memberdayakan masyarakat Dusun Sumberwangi dalam pengelolaan usaha penginapan sebagai salah satu fasilitas penunjang Dusun Ekowisata, maupun memberdayakan masyarakat dalam usaha-usaha jasa-servis dan pelayanan pengunjung.

Tak hanya itu, fasilitas Dusun Ekowisata lainnya yang direncanakan oleh Tim Doktor Mengabdi bersama warga Dusun Sumberwangi UB Forest ini meliputi fasilitas-fasilitas penunjang yang mampu menjual dan mempromosikan produk-produk lokal seperti toko penjualan oleh-oleh dan warung kopi, maupun fasilitas-fasilitas penunjang servis lainnya.

Seluruh tahapan kegiatan perencanaan pengembangan fasilitas dusun ekowisata dalam kegiatan doktor mengabdi ini, menggunakan metode partisipatori, dimana warga dilibatkan dalam setiap tahap perencanaan hingga pelaksanaan dan realisasi Dusun Ekowisata Sumberwangi UB Forest kedepannya. Hal ini bertujuan agar masyarakat setempat tetap menjadi subyek atau aktor utama yang berperan aktif dalam mewujudkan dusun ekowisata yang keberlanjutan, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun lingkungan. (wawa/mic)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID