Prasetya Online

>

Berita UB

Prof. Munawar Harap Dosen Tidak Hanya Mengajar Tetapi Juga Sebagai Konselor

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 17 October 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 323

Ari Pratiwi, S.Psi., M.Psi memberikan materi konseing kepada peserta
Ari Pratiwi, S.Psi., M.Psi memberikan materi konseing kepada peserta
Dengan banyaknya berita negatif tentang mahasiswa baik yang berhubungan dengan akademik maupun di luar akademik, tidak bisa dipungkiri bahwa peran dari Dosen pembimbing Akademik (PA) sangatlah penting. Hal inilah yang melatar belakangi Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UB mengadakan Pelatihan Psikologi dan Konseling bagi Dosen PA UB, Senin-Selasa (16-17/10/2017) di Ijen Suits Malang.
Pelatihan yang diikuti oleh 40 dosen dari seluruh fakultas di UB diharapkan dapat membekali para dosen PA dalam menangani masalah yang dibawa mahasiswa baik masalah akademik maupun non akademik.

Menurut Dr. Dra. Wuryansari Muharini K. M.Si selaku kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional LP3M, ketika seorang dosen tidak dibekali dengan ilmu psikologi maka ketika menghadapi mahasiswa bimbingannya hanya menggunakan feeling saja secara otodidak dan jika hal ini dirasa kurang efektif, maka perlu mengikuti kegiatan ini meskipun hanya dua hari.

Tidak hanya membimbing secara akademik dan psikologis, Ketua LP3M UB Prof. Dr. Munawar, SE., DEA juga berharap Dosen PA juga mengarahkan kepada mahasiswa bimbingannya dalam hal pengembangan karir mahasiswa tersebut.

“Kita sebagai Dosen PA secara tidak langsung didapuk sebagai orang tua kedua bagi mahasiswa, maka mau tidak mau kita tidak hanya membimbing mereka menjadi insan yang berguna dan berkahlak mulia tetapi membantu mengarahkan jenjang karir sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” kata Munawar.

Dalam kegiatan ini  tiga pemateri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB akan memberikan materi singkat tetapi sangat berguna bagi peserta. Ketiga pemateri tersebut yakni Ari Pratiwi, S.Psi., M.Psi; Unita Werdi Rahajeng, S.Psi., M.Psi dan Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi.[dimas/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID