Prasetya Online

>

Berita UB

Prof. Koesno Luncurkan Empat Buku Sekaligus Pada Academic Gratiarum Action

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 22 Januari 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 3389

Prof.Dr.H. Koesno Adi, SH., MS.
Prof.Dr.H. Koesno Adi, SH., MS.
Negara Indonesia sampai saat ini belum bisa lepas dari belenggu korupsi.  Kondisi yang sangat memprihatinkan ini mendorong Prof.Dr.H. Koesno Adi, SH., MS. menuliskan buah pemikirannya pada buku Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi Dalam Berbagai Perspektif pada acara Academic Gratiarum Action (Rasa Syukur dalam aktifitas akademik) 70 tahun bertemakan Menyiapkan Generasi Madani Melalui Peradaban Anti Korupsi Menuju Indonesia Bermartabat (Sebuah Tawaran Alternatif untuk Mengintegrasikan Upaya Penal-Represif-Konvensional dan Upaya Non Penal-Humanis dalam penanggulangan Tindak Pidana Korupsi) di Hall Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) pada Rabu (21/1).

Koesno menyampaikan buku ini  memaparkan pikiran-pikiran alternatif yang dilihat dari beberapa perspektif mulai dari sudut pihak- pihak yang terlibat tidak pidana korupsi, pelaku yang sekaligus sebagai saksi dengan mengetuk kepeduliannya untuk membuka secara terang benderang tindak pidana korupsi lain yang terjadi dan lebih besar dalam posisi sebagai Justice Collaborator. Selain buku yang membahas korupsi Koesno juga meluncurkan tiga buku lainnya yaitu Diversi Tindak Pidana Narkotika Anak, Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi Dalam Berbagai Prespektif dan Kebijakan Kriminal Tindak Pidana Narkotika (Konsep Penanggulangan Tindak Pidana oleh Anak).

Turut hadir dalam acara ini Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri MS.,  dan Pembantu Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan, Warkum Sumitro, S.H., M.H. serta Dekan FH UB Dr. Sihabudin, SH. MH. Dalam sambutannya Bisri menyampaikan kegiatan seperti ini perlu tetap dipertahankan sebagai ungkapan penghormatan kepada guru besar.

“ UB saat ini memiliki program percepatan profesor dimana merupakan target untuk mencapai 20% profesor dari jumlah dosen yang ada. Saat ini UB memiliki 2000 dosen dan hanya memiliki 135 profesor. Untuk mencapai taget masih perlu kerja keras,” ungkapnya.

Bisri juga mengapresiasi karya dari  Prof. Koesno  tentang penanggulangan korupsi. Buku ini mengingatkan kepada semua untuk melakukan pencegahan korupsi yang bisa dimulai dari perguruan tinggi. [rian]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID