Prasetya Online

>

Berita UB

Prof. Ir. Endang Yuli Herawati, MS: Phytoplankton Sebagai Deposit Karbon

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 14 October 2011 | Komentar : 2 | Dilihat : 10794

Prof. Ir. Endang Yuli Herawati, MS
Prof. Ir. Endang Yuli Herawati, MS
Upaya pengurangan pemanasan global dengan program penghijauan saat ini banyak digalakkan di seluruh dunia. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif. Namun daratan yang hanya mencapai 1/3 dari permukaan bumi saat ini lebih banyak digunakan untuk kepentingan pembangunan dan pemenuhan kebutuhan penduduk dunia yang jumlahnya terus meningkat dengan kebutuhan yang semakin kompeleks.  Perlu alternatif lain untuk bisa melakukan pengurangan pemanasan global dengan memanfaatkan media lain yaitu dengan pemanfaatan lautan yang merupakan lahan yang masih belum bisa ditempati manusia dan merupakan tempat tinggal produsen primer terbesar di dunia yaitu phytoplankton. Demikian disampaikan Prof. Ir. Endang Yuli Herawati, MS dalam orasi ilmiahnya sebagai Guru Besar yang berjudul "Peran Phytopankton Sebagai Deposit Penyangga Perubahan Iklim Global." Kamis (13/10) di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. Endang dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Planktonologi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang ke 206 Universitas Brawijaya. Lebih lanjut Endang memaparkan phytoplankton mempunyai jasa yang sangat besar bagi kelangsungan makhluk hidup terutama manusia. Salah satu jasa phytoplankton adalah mengambil karbon dioksida (CO2) dari air dan menggantinya dengan oksigen (O2) yang diperlukan makhluk lain. Maka phytoplankton mempunyai peran besar dalam piramida makanan.

"Jika terjadi penurunan phytoplankton mungkin tidak akan ada cukup oksigen untuk pernapasan terutama pada malam hari." ungkapnya.

Plankton Sebagai Katalisator Penyerap Karbon

Biomas plankton dan keanekaragaman phytoplankton, berisi cadangan karbon yang sangat besar dan dapat memberikan keseimbangan siklus karbon bagi keperluan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Salah satu jenis plankton yaitu phytoplankton mempunyai peluang potensial untuk menyerap karbondioksida (CO2) melalui proses fotosintesis.

Phytoplankton berada dalam berbagai bentuk dan simbion, sehingga perannya sangat vital dalam kehidupan dan rantai energi di laut. Misalnya,phytoplankton jenis zooxanthellae melakukan simbiosis dengan binatang karang dan mampu menyerap CO2 menjadi karbonat yang selanjutnya tersimpan dalam bentuk kerangka kapur.

Sebagian besar phytoplankton akan segera mati dan tergantikan oleh proses reproduksi. Jika bisa dikendalikan, sejumlah besar phytoplankton yang sudah menyerap CO2, bisa dikirim ke dasar laut sebagai karbon. Saat ini banyak penelitian para ahli untuk mengembangkan cara menampung CO2 melalui phytoplankton dan menyimpan di dasar laut. "Mudah-mudahan usaha ini segera berhasil dan memperlambat dampak negatif dari perubahan iklim," pungkasnya.

Curriculum Vitae

Prof. Ir. Endang Yuli Herawati, MS. lahir di Tegal 54 tahun silam. Menyelesaikan pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas di kota Surabaya.  Istri dari Dr.Ir. Puguh Surjowardjo, MS ini meraih gelar Sarjana Perikanan (1983), Magister UGM (1993) dan Doktor UB (2008). Saat ini menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB. [arr]

Artikel terkait

Komentar

Dikirim oleh Agustinus Lomboan pada 15 October 2011.

== Selamat atas pengukuhan Ibu Endang sebagai Guru Besar, selamat juga buat Bapak dan Putrinya. Dedikasi dan pengabdian Ibu Endang akan senantiasa dinantikan sampai kapanpun terutama dikalangan dunia Perikanan dan Kelautan.....(Agustinus Lomboan..

Dikirim oleh ashar junianto pada 28 September 2012.

SEMOGA penelitian selanjutnya dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. sekedar saran saja,, baiknya lagi ibu melakukan penelitian pada zooxanthella : sejak kapan ia mealakukan simbiosis dengan karang dan pada saat-saat kapan simbiosis maksimalnya dilakukan

Kirim komentar Anda

Gunakan ID