Prasetya Online

>

Berita UB

Prodi Teknik Komputer Lakukan Kunjungan Industri, Institusi Pendidikan dan Temu Alumni

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 10 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 242

Kunjungan ke X Camp
Kunjungan ke X Camp
Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melakukan kunjungan industri dan institusi pendidikan serta temu alumni di tiga kota yaitu DKI Jakarta, Bandung dan Semarang (18-21/3/2019). Disampaikan oleh Dahnial Syauqy, S.T, M.T, M.Sc selaku Kaprodi Teknik Komputer (Kaprodi TKom) bahwa rangkain kegiatan ini dilakukan dalam rangka perumusan profil lulusan untuk kurikulum baru 2020 menggantikan kurikulum lama 2016.

Pergantian kurikulum ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kurikulum lama dan mengupdate struktur serta cakupannya demi mengikuti perkembangan bidang keilmuan dan kesesuaian dengan pengguna lulusan.

Peserta kunjungan ini adalah Kaprodi TKom beserta beberapa dosen TKom, yaitu Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc., Gembong Edhi Setyawan, S.T, M.T., Rakhmadhany Primananda, S.T, M.Kom., Wijaya Kurniawan, S.T, M.T., Mochammad Hannats Hanafi Ichsan, S.ST, M.T. dan Rizal Maulana , S.T., M.T., M.Sc.

Adapun kunjungan industri dilakukan ke beberapa perusahaan meliputi Solusi 247, Idemia, Pioneer Kreasi, MonsterMac, XL IOT, Bandung TechZone dan Formulatrix. Untuk kunjungan institusi pendidikan dilakukan ke perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Teknik Komputer yaitu UI Depok, Binus, STEI ITB dan UNDIP. Sementara temu alumni dilakukan di Jakarta pada (18/3/2019).

Dalam kunjungan industri tim Prodi TKom menggali informasi penting meliputi berbagai keahlian yang harus dimiliki lulusan agar memenuhi kriteria SDM yang dibutuhkan perusahaan, baik hardskill maupun softskill. Kunjungan tersebut juga membahas profil lulusan seperti apa yang diharapkan di masa depan, kesempatan kerjasama antara Prodi TKom dengan perusahaan terkait baik dalam hal penelitian, penyelenggaraan kuliah tamu, magang mahasiswa, beasiswa ataupun campus recruitment.

Dalam kunjungan institusi pendidikan beberapa informasi yang digali adalah kurikulum yang diterapkan di masing-masing perguruan tinggi, sistem pembelajaran yang diberlakukan, fasilitas, pengelolaan laboratorium, tugas akhir, praktek kerja lapangan dan kondisi sumber daya manusia khususnya pengajar serta jumlah mahasiswa yang ada.

Sementara itu, kegiatan temu alumni yang diadakan di Graha Niaga Thamrin, Jakarta dihadiri oleh lebih dari 30 alumni Prodi TKom. Beberapa hal yang dibahas dalam temu alumni tersebut antara lain rencana inisiasi untuk merekatkan hubungan antara alumni dan Prodi TKom, pembuatan media alumni, sharing tentang mata kuliah yang bermanfaat saat masuk dalam dunia kerja, serta tips agar lulusan TKom dapat bersaing dengan lulusan elektro dan informatika.

Berbagai informasi dan masukan dari industri, sesama institusi pendidikan maupun alumni tersebut kemudian akan dipelajari dan diolah lebih jauh untuk menjadi pertimbangan dalam penentuan profil lulusan dalam kurikulum Prodi TKom 2020. Diharapkan dengan upaya ini Prodi TKom dapat menghasilkan lulusan yang lebih baik lagi dan mampu memenuhi kebutuhan industri IT di masa mendatang. [dna/Humas UB]

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID