Prasetya Online

>

Berita UB

Pranata Laboratorium Harus Bisa Membuat Karya Tulis Ilmiah

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 08 Desember 2016 | Komentar : 0 | Dilihat : 4047

Diklat Pengembangan Profesi untuk Pranata Laboratorium Pendidikan
Diklat Pengembangan Profesi untuk Pranata Laboratorium Pendidikan
Laboratorium bagi sebuah universitas adalah bagian yang penting. Di dalam laboratorium, mahasiswa dilatih untuk terampil, memahami konsep, memiliki kemampuan kognitif, paham hakekat ilmu pengetahuan dan bersikap serta berperilaku ilmiah. Hal ini disampaikan oleh Prof. Hendrawan Sutanto, M. Rur, Sc., Ph.D dalam Diklat Pengembangan Profesi Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu (07/12/2016) bertempat di Ruang Sidang Rektorat, Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga Kamis (8/12/2016) dan diikuti oleh Pranata Laboratorium Eksak dari beberapa kampus seperti VEDC Malang, Universitas Islam Negeri Maliki Malang, Universitas Surabaya dan Universitas Brawijaya. Pada kegiatan ini, para peserta diajarkan untuk melakukan pengembangan profesi serta membuat karya tulis.

Pengembangan profesi, menurut Hendrawan, meliputi beberapa hal. "Pengembangan profesi ini antara lain pembuatan karya tulis ilmiah bidang pengelolaan laboratorium, penerjemahan buku atau pustaka bidang pengelolaan laboratorium, penyusunan standar dan pedoman pengelolaan laboratorium, penemuan teknologi tepat guna di bidang pengelolaan laboratorium serta perolehan sertifikat profesi", jelasnya.

Penulisan karya tulis ilmiah, menurut Prof. Dr. Fatchiyah., M.Kes selaku pemateri, dapat menambah angka kredit. "Penambahan angka kredit ini juga memudahkan pranata laboratorium untuk naik pangkat," ujarnya. Kesulitan di lapangan selama ini, menurut Fatchiyah, adalah para laboran kesulitan untuk membuat karya ilmiah. "Hal ini bisa diantisipasi dengan membuat laporan kegiatan sehari-hari," imbuhnya. [Vicky/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID