Prasetya Online

>

Berita UB

Praktikum Lapangan Bahasa Osing Mahasiswa S2 Ilmu Linguistik FIB UB di Baluk, Kebalenan, Banyuwangi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 07 Januari 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 408

Praktikum Lapangan Bahasa Osing Mahasiswa S2 Ilmu Linguistik FIB UB
Praktikum Lapangan Bahasa Osing Mahasiswa S2 Ilmu Linguistik FIB UB

Pendidikan begitu penting untuk seluruh kalangan karena pendidikan erat kaitannya dengan masa depan. Pendidikan juga menjadi sebuah upaya dalam pengembangan diri dan ilmu pengetahuan anak bangsa. 

Pendidikan bisa melalui apa saja seperti kegiatan workshop, studi tour atau praktikum lapangan yang dilaksanakan oleh setiap instansi pendidikan khususnya di Indonesia. Contoh sederhana adalah, praktikum lapangan yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Malang di Dusun Baluk, desa Kebalenan, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jumlah peserta praktikum lapangan terdiri dari 17 mahasiswa semester ganjil program Magister Ilmu Linguistik FIB UB angkatan ganjil dengan didampingi dua orang senior angkatan genap total 19 mahasiswa.

Kegiatan ini menggunakan pengambilan kosa-kata Swadesh sebanyak 100 kata dan pengambilan data Morfosintaksis sebanyak 38 kalimat dimana di keseluruhan diterjemahkan dalam bahasa Osing melalui wawancara responden sebanyak tiga orang suku Osing. Masing-masing mahasiswa dibagi kedalam grup dan setiap dua grup mendapatkan satu responden dalam kegiatan wawancara dan kemudian mahasiswa menuliskan International Phonetics Alphabet (IPA).

Kegiatan ini menghasilkan sumbangan ilmu yang positif, yangmana mahasiswa belajar dari kesederhanaan dalam penelitian pada kajian fonologi dan keseriusan yang terstruktur. Dari kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu  menambah wawasan, informasi, pengetahuan, latihan memperlancar ilmu sastra dan bahasa, melaksanakan teori dikelas dengan praktikum lapangan, memperkuat rasa cinta tanah air, mengenal khazanah kebudayaan nusantara secara luas, dan mampu menghasilkan karya tulis yang bonafit kedepan. (PS.ILing/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID