Prasetya Online

>

Berita UB

Peserta Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi Melonjak pada 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 25 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 797

Perwakilan BCA ikut menilai peserta SMPV pada program perbankan
Perwakilan BCA ikut menilai peserta SMPV pada program perbankan
Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi (SMPV) Universitas Brawijaya (UB) tahun 2018/2019 dilangsungkan pada Rabu (25/07/2018). SMPV dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa baru Program Ahli Madya dan Program Sarjana Terapan yang berpotensi.

Sebanyak tiga bidang minat pada dua program studi ditawarkan untuk program sarjana terapan, yakni program studi manajemen perhotelan dan Program Studi Desain Grafis. Sementara untuk program ahli madya ditawarkan 12 bidang minat pada tiga program studi yakni Program Studi Administrasi Perkantoran, Program Studi Keuangan dan Perbankan serta Program Studi Teknologi Informasi.

Tahun ini SMPV diikuti 2.679 peserta, melonjak dibanding tahun sebelumnya sebesar 1.549 peserta. Terkait kenaikan ini, Ketua Program Vokasi Dr. Ir. Darmawan Octo Sucipto, M.Si mengaku pihaknya melakukan jemput bola. Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini menerangkan, setiap tahun pihaknya menyelenggarakan event Kreanomi (Kreasi Inovasi dan Ekonomi) dengan mengundang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain siswa, pihaknya juga mengundang DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk melihat langsung karya dosen dan mahasiswa.

DUDI juga dilibatkan dalam SMPV kali ini. Sejumlah perwakilan Bank Central Asia (BCA) tampak berada di gedung FIA yang merupakan tempat ujian bagi peserta Bidang Minat Perbankan. Bidang minat ini juga mencatat peserta terbanyak mencapai 735 orang.

Gatot Mubandrio, pensiunan BCA yang kini diperbantukan untuk mengajar Program Perbankan, menjadi salah satu penilai dalam seleksi ini. Ia menyampaikan, dengan keterlibatan DUDI dalam seleksi ini pihaknya bisa mendapatkan bibit unggul untuk dipekerjakan di bank. "Bekerja di bank itu seperti militer, semua serba disiplin dan tidak ada pekerjaan yang ditunda," kata dia. Dua kriteria penilaian yang menjadi rekomendasi tambahan bagi peserta untuk memasuki program vokasi perbankan adalah disiplin dan penampilan.

Calon mahasiswa yang lolos SMPV akan mengikuti perkuliahan di program vokasi dengan porsi praktek yang lebih tinggi. Disampaikan Darmawan, presentasi praktek memang lebih tinggi hingga 70% dibanding teori yang hanya 30%. Sesuai arahan Kemenristekdikti, perkuliahan di program vokasi mengikuti prinsip 321 yakni 3 semester di kampus, 2 semester di DUDI dan 1 semester tugas akhir. "Selama proses perkuliahan itu mereka sudah digembleng mentalnya sesuai permintaan DUDI," ungkapnya. Darmawan yang juga aktif sebagai Pengawas di Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) mengatakan DUDI menuntut alumni yang siap pakai dengan kriteria attitude bagus, etos kerja tinggi, dan inovatif. "Tiap tahun kami sharing kurikulum bareng-bareng dengan DUDI," kata dia. Bahkan beberapa dari mereka yang masih kuliah seperti di perbankan dan perhotelan, sudah di pesan DUDI. "Dunia perhotelan meminta kuota mahasiswa ditambah seiring dengan semakin banyaknya hotel di Malang Raya," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Gatot Mubandrio. Kesempatan berharga yang bisa dimanfaatkan mahasiswa menurutnya adalah saat Praktek Kerja Lapang (PKL) atau magang di DUDI. Apalagi perbankan termasuk yang paling ketat dalam menerima mahasiswa PKL. "Mahasiswa tidak diperkenankan untuk masuk langsung ke sistem. Mereka hanya dilibatkan pada aktivitas di luar rahasia perbankan," ia menandaskan. Karena itu, simulasi perbankan sudah diberikan saat mereka kuliah seperti mini banking BCA yang ada di program vokasi UB. "Ketika ada kesempatan magang atau PKL, manfaatkan sebaik mungkin karena saat itu DUDI melihat langsung performance mahasiswa yang bersangkutan. Kalau perlu posisikan diri sebagai karyawan," pesan Gatot yang mengajar Pengantar Perbankan dan Perdagangan Internasional di Program Perbankan Vokasi UB.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada SMPV kali ini dilakukan tes menggambar untuk melihat langsung kemampuan calon mahasiswa Desain Grafis. Dosen dan praktisi terlibat dalam tes menggambar ini.

Materi ujian SMPV hari ini adalah pengetahuan umum dengan melibatkan 268 pengawas baik dosen maupun karyawan UB. Calon mahasiswa yang diterima akan diumumkan pada 28 Juli 2018. [Denok/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID