Prasetya Online

>

Berita UB

Peresmian FIB UB sebagai HSK Internet Based Test Centre

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetyafib pada 10 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 482

Penandatanganan MoU antara UB dan BKPBM
Penandatanganan MoU antara UB dan BKPBM

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan sosialisasi sekaligus peresmian Internet-based HSK Test Centre Sabtu (4/5/2019) di Studio UB TV Lantai 2 Gedung Rektorat UB.

Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) merupakan ujian standardisasi Republik Rakyat Tiongkok dalam kemahiran berbahasa bagi mahasiswa asing, pendatang dari luar Cina, dan anggota kelompok etnis minoritas di Cina.  

Sekretaris Dewan Pelaksana Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin (BKPBM) Rini Irawan, mengatakan bahwa para peserta ujian HSK akan mendapatkan sertifikat yang berlaku di Cina dan unit bisnis di berbagai negara yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai media komunikasi.

Sertifikat HSK juga sangat diperlukan bagi calon mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi di Cina. Para pendaftar program kuliah berbahasa Mandarin di Cina, perlu mencapai HSK antara level tiga sampai delapan. Untuk dapat diterima bekerja di Cina, seseorang setidaknya perlu mencapai HSK level 5.

Indonesia sendiri merupakan satu dari sekitar 120 negara yang telah berpartisipasi sebagai penyelenggara HSK sejak tahun 2005. Hal inilah yang mendorong UB untuk menjalin kerjasama dengan BKPBM Jakarta. Apalagi mengingat pentingnya sertifikat HSK dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, serta semakin meningkatnya minat masyarakat akan bahasa Mandarin.

Jalinan kerjasama ini, pada momen tersebut, diresmikan dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UB dan BKPBM.

Selain dihadiri oleh Wakil Rektor UB Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Moch Sasmito Djati, M. S. dan Ketua BKPBM Jakarta, Arifin Zain, acara ini juga dihadiri oleh Dekan FIB UB, Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA. dan para mahasiswa, khususnya mahasiswa sastra Cina FIB UB.

"Melalui jalinan kerjasama ini, UB, khususnya FIB UB sebagai HSK Internet Based Test Centre berharap akan semakin dapat melayani masyarakat luas dan berkontribusi lebih dalam bidang pendidikan," harap Agus Suman. (PS.SCina/NLN/DT/PSIK FIB/Humas UB)

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID