Prasetya Online

>

Berita UB

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi 700 Mahasiswa Baru FILKOM UB TA. 2017/2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 20 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 281

Peresmian Pembukaan PK2MABA FILKOM
Peresmian Pembukaan PK2MABA FILKOM
Menyambut mahasiswa baru TA. 2017/2018, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2Maba) (20/8-21/8/2017). Untuk diketahui, sesuai dengan Kebijakan Rektor UB yang memberlakukan pengurangan penerimaan maba sebagai upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan, maka pada TA. 2017/2018 jumlah maba yang diterima FILKOM lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini FILKOM menerima 753 maba yang terdiri atas, 261 mahasiswa PS. Teknik Informatika, 165 mahasiswa PS. Sistem Informasi, 87 mahasiswa PS. Teknik Komputer, 80 mahasiswa PS. Teknologi Informasi, 101 mahasiswa PS. Pendidikan Teknologi Informasi dan sisanya adalah mahasiswa UB 4 (UB Kediri) yang pelaksanaan PK2Maba tingkat fakultasnya baru akan diselenggarakan Senin (21/8/2017).  

Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D mengatakan secara keseluruhan tercatat 200.000 peminat yang mendaftar ke UB dan hanya 10.000 orang yang terpilih untuk diterima. Begitu juga tingkat persaingan untuk diterima di FILKOM juga tidak kalah ketat. Tahun ini FILKOM mencatat jumlah peminat yang mendaftar sejumlah 20.000 orang dan hanya 753 orang yang diterima. Karenanya Wayan berpesan pada para maba untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Robot ATOM Bertugas Melakukan Pelepasan Balon
Robot ATOM Bertugas Melakukan Pelepasan Balon
Buktikan bahwa kalian masuk kesini memang melalui proses dan usaha yang keras bukan hanya sekedar nasib baik. Buktikan dengan semangat belajar yang tinggi, sehingga saat lulus dari FILKOM dapat lulus pula dengan bangga. Bangga karena berhasil menyerap ilmu pengetahuan, menyerap segala kemampuan teknis di bidang IT dari para dosen atau pengajar,” ungkap Wayan.

Hal senada juga disampaikan dalam sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FILKOM Iqbal Caraka Altino dan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FILKOM. Mereka berpesan pada para maba agar bersyukur bisa mempunyai kesempatan menimba ilmu di FILKOM.

Selain itu, diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam ilmu pengetahuan maupun keimanan dan ketakwaan, sehingga dapat berkontribusi memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

“Seperti kita tahu ada jutaan pemuda di seluruh Indonesia, tapi hanya sedikit dari jutaan itu untuk bisa menjadi mahasiswa. Karenanya saudara harus benar-benar bangga atas tanah air dan fakultas yang kalian pijak hari ini. Jangan sampai kemudian hari diisi dengan rasa penyesalan, sebaliknya harus diisi dengan berkarya lebih, melakukan banyak hal dan meningkatkan nama baik FILKOM tidak hanya di tingkat regional, tapi juga nasional dan internasional,” ujar Iqbal.

Dalam kesempatan itu baik Dekan FILKOM, Ketua DPM maupun Presiden BEM juga memperkenalkan jajaran pengurusnya masing-masing.

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak berupa peresmian pembukaan PK2Maba TA. 2017/2018 yang ditandai dengan pemukulan gong oleh dekan FILKOM yang kemudian diikuti pelepasan balon oleh ATOM. ATOM adalah salah satu robot karya mahasiswa FILKOM yang tergabung dalam komunitas ROBOTIK. ATOM tercatat telah menorehkan banyak prestasi antara lain juara 1 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid tingkat internal UB, juara 3 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid tingkat nasional regional 4 tahun 2015 dan juara 4 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid nasional regional 4 tahun 2017. Kali ini ATOM bertugas memotong tali yang menahan rangkaian balon sehingga kemudian balon dapat terbang menandai resminya pembukaan PK2Maba TA 2017/2018.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana maba dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yang kemudian mengikuti PK2Maba dihari yang berbeda. Pada tahun ini seluruh maba mengikuti rangkaian PK2Maba selama dua hari.

Rangkaian acara dalam dua hari tersebut meliputi upacara penyambutan mahasiswa baru, materi stadium generale (pengetahuan umum tentang pembelajaran), materi mengenai proses akademik di FILKOM UB, materi tentang kemahasiswaan dan terakhir sesi penugasan oleh panitia mahasiswa PK2Maba FILKOM. Acara dikemas dalam nuansa yang santai tanpa kekerasan namun tetap serius untuk memberikan bekal bagi maba agar dapat segera beradaptasi dengan sistem pembelajaran di universitas.

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID