Prasetya Online

>

Berita UB

Pengenalan Indonesia untuk Mahasiswa Jepang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 17 September 2013 | Komentar : 0 | Dilihat : 4755

Mahasiswa Jepang Berusaha memetik apel
Mahasiswa Jepang Berusaha memetik apel

Sebanyak 24 mahasiswa Jepang, Jumat (13/9), mengikuti program Summer Course di Agrokusuma Wisata, Batu. Mereka didampingi 4 mahasiswa Sastra Jepang dan staf International Office Universitas Brawijaya.

Selama berada di Agrokusuma mereka melakukan wisata petik apel, kunjungan industri dan pengenalan flora serta fauna Indonesia. Kegiatan ini menjadi rangkaian kunjungan mereka selama dua minggu ke Malang. Namun mereka tidak hanya dikenalkan kepada kekayaan alam hayati Indonesia, juga kekayaan budaya dan kehidupan sosial.

Disampaikan Ketua Panitia Ismatul Khasanah MPd Med PhD, peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Universitas Hiroshima yang sedang mengikuti kuliah overseas field trip. Mata kuliah di semester satu tersebut terkait kunjungan mahasiswa Jepang ke luar negeri untuk pengenalan kondisi ekonomi, sosial, dan budaya.

Untuk mengetahui kehidupan masyarakat Indonesia, peserta selama dua hari tinggal di rumah mahasiswa atau dosen. Selain itu mereka diajak berkeliling Malang dengan menggunakan angkutan umum.

Sedangkan untuk pengenalan budaya, para mahasiswa Jepang mengunjungi Candi Singosari dan Sumberawan. Mereka juga diajak untuk melihat pembuatan kerajinan topeng di Pakisaji.

Ditambahkan Isma yang alumni Universitas Hiroshima, kunjungan ke Agrowisata juga bertujuan mengenalkan Indonesia yang mereka kenal sebagai daerah panas bisa menghasilkan Apel sebagaimana Jepang. "Di Jepang juga memproduksi Apel di prefektur Yamanuchi," tuturnya.

Isma berharap tahun depan Universitas Hiroshima bisa melakukan kunjungan lagi ke Universitas Brawijaya. Selain Indonesia, tujuan kunjungan yang lain adalah Selandia Baru, Australia, dan Amerika Serikat. [ai]  

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID