Prasetya Online

>

Berita UB

Pemetaan Kebutuhan Pengguna Lulusan Bahasa dan Sastra Prancis

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 25 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 198

Dialog pengguna lulusan Bahasa dan Sastra Perancis
Dialog pengguna lulusan Bahasa dan Sastra Perancis
Pada bulan Januari 2018, Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) melaksanakan kegiatan "Konsinyering Pemetaan Kebutuhan Pengguna Lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis dalam Rangka Evaluasi Kurikulum". Kegiatan konsinyering ini dilaksanakan dengan dua tujuan, yaitu untuk keperluan akreditasi Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB dan untuk evaluasi kurikulum prodi.

Konsinyering ini dibagi menjadi dua tahap. Konsinyering I dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 pukul 09.00-12.00 WIB. Konsinyering tahap II dilaksanakan pada Jumat, 19 Januari 2018 pukul 08.30-11.00 WIB. Kegiatan konsinyering pemetaan kebutuhan pengguna lulusan prodi ini dilaksanakan di Ruang Rapat FIB Universitas Brawijaya lantai 6 dengan mengundang beberapa stakeholder pengguna lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, Rosana Hariyanti, M.A., dan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra FIB UB, Ismatul Khasanah, M.Pd., M.Ed., Ph.D. Perwakilan stakeholder yang hadir berasal dari 5 instansi, yaitu dari SMAN 1 Malang, MAN 2 Malang, KBA (Kursus Bahasa Asing) Universitas Muhamadiyah Malang, Mayantara School, dan Radio Elfara.

Kegiatan inti dari konsinyering ini meliputi dua hal, yaitu pengisian kuisioner oleh stakeholder dan diskusi mengenai kebutuhan stakeholder terhadap lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Salah satu perwakilan stakeholder yang hadir pada acara ini yaitu Elok Apriliana dari Mayantara School. Ia menyatakan bahwa ada empat orang lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB yang bekerja di Mayantara School. Menurut Elok Apriliana, keempat lulusan Prodi yang bekerja di Mayantara School menunjukkan kompetensi bahasa Prancis yang bagus, kedisiplinan yang baik, hubungan sosial dengan staf lain yang erat, dan diterima dengan baik oleh siswa-siswa didiknya. Elok Apriliana juga menyimpulkan bahwa sampai saat ini performa lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis tergolong cukup baik.

Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis, Rosana Hariyanti, M.A. juga berharap pertemuan ini dapat menjadi awal kerja sama yang baik antara Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB dengan instansi-instansi pengguna lulusan. Apabila ada perekrutan pegawai, pihak instansi pengguna lulusan dapat menghubungi Prodi Bahasa dan Sastra Prancis langsung agar dapat segera diinfokan kepada para lulusan Prodi sehingga perekrutan pegawai tersebut dapat lebih maksimal dan para lulusan juga dapat mengetahui info-info kerja dengan cepat. Semoga dengan adanya kegiatan konsinyering ini dapat membantu program akreditasi dan evaluasi kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB serta mempererat kerja sama prodi dengan instansi-instansi pengguna lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. [PS.Prc/MSH/PSIK FIB/Humas UB]

Artikel tersebut dapat dibaca pula di http://prancis.fib.ub.ac.id/konsinyering-pemetaan-kebutuhan-pengguna-lulusan-prodi-bahasa-dan-sastra-prancis-fib-ub/ 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID