Prasetya Online

>

Berita UB

Pembahasan Kolaborasi Penelitian FILKOM UB dan NCKU Taiwan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 17 Februari 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 1047

Pembahasan Kolaborasi Penelitian FILKOM UB dan NCKU Taiwan
Pembahasan Kolaborasi Penelitian FILKOM UB dan NCKU Taiwan
Perwakilan Department of Industrial and Information Management (IIM), National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Selasa (15/02/2017). Kunjungan ini selain bertujuan berbagi informasi mengenai IIM NCKU, juga untuk membahas kolaborasi penelitian antar tenaga pengajar FILKOM UB dan IIM NCKU. Adapun tiga profesor dari IIM NCKU yang hadir adalah Chung-Chi Hsieh, Ph.D; I-Lin Wang, Ph.D dan Hei-Chia Wang, Ph.D.

Sementara perwakilan FILKOM yang hadir adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, Kepala Jurusan Sistem Informasi Dr. Eng. Herman Tolle, S.T, M.T, Sekretaris Jurusan Sistem Informasi Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D. serta beberapa dosen pengajar dan mahasiswa Magister Ilmu Komputer (S2).

Membuka pertemuan tersebut Prof. Chung-Chi Hsieh memberikan paparan singkat mengenai NCKU dan Departemen IIM. Disampaikan olehnya bahwa NCKU terakreditasi AACSB serta memiliki reputasi yang baik dalam bidang akademik dan komunitas industri.

IIM memiliki 14 professor, empat associate professor dan empat assistant professor. Seluruh pengajar di IIM tersebut adalah lulusan program doktoral universitas di USA dan UK. IIM memiliki beberapa fokus area penelitian meliputi Production and Operations ManagementInformation TechnologyDecision and Management Science.
"Bagi siswa-siswa yang direkrut ada beasiswa dan pembebasan biaya dari NCKU serta beasiswa dari lembaga lain. NCKU masuk ke dalam daftar beasiswa LPDP dari pemerintah Indonesia," kata Prof. Chung-Chi Hsieh. Kemudian masing-masing professor dari NCKU menjelaskan fokus penelitian yang dilakukannya untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kolaborasi penelitian dengan dosen FILKOM UB.

Prof. Chung-Chi Hsieh memiliki peminatan penelitian di bidang production and operation managementsupply chain coordinationreliability management serta game theory and its applications.

Prof. Hei-Chia Wang memiliki keminatan penelitian di bidang e-learningknowledge discoverybioinformatics, serta information retrieval. Sementara itu Prof. I-Lin Wang memiliki peminatan penelitian di bidang operations researchnetwork optimizationmathematical modelingshared mobility dan project scheduling.

Pada kesempatan tersebut FILKOM juga berkesempatan memaparkan berbagai penelitiannya. Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T menjelaskan bahwa FILKOM memiliki tujuh grup riset meliputi grup riset geoinformatika, jaringan berbasis informasi, media, game and mobile technology, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak dan sistem informasi. Berbagai kemungkinan kerjasama penelitian akan ditindaklanjuti dan dibicarakan lebih lanjut melalui email, sehingga kolaborasi penelitian IIM NCKU dan FILKOM UB dapat terlaksana dengan baik. [dna/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID